Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Sudah Ada, Ini Alasan Bridgestone Belum Jual Ban Mobil Listrik di Indonesia

Wisnu Andebar - Sabtu, 19 Agustus 2023 | 12:14 WIB
Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno saat berada di GIIAS 2023
Wisnu/GridOto.com
Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno saat berada di GIIAS 2023

GridOto.com - PT Bridgestone Tire Indonesia mengungkapkan masih wait and see untuk meluncurkan ban mobil listrik di Indonesia.

Sebab menurut Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, penjualan kendaraan listrik di Tanah Air sendiri porsinya belum begitu besar.

"Dari segi pasarnya mobil listrik di Indonesia memang sudah terjadi, tetapi kami melihat penetrasi Electric Vehicle (EV) di Indonesia masih belum signifikan," ujar Mukiat kepada GridOto.com di pameran GIIAS 2023, ICE BSD City, Tangerang, Rabu (16/8/2023).

Kendati demikian, dari sisi teknologi Bridgestone sudah mengembangkan ban mobil listrik, yang bahkan dijual untuk beberapa pasar luar negeri.

"Sebenarnya di luar negeri mulai dari pasar Eropa, Amerika, bahkan China kami sudah punya teknologinya untuk ban mobil listrik yang disebut Enliten," jelas Mukiat.

Selain menjadikan lebih ringan dibandingkan ban biasa, ia menjelaskan ban dengan Enliten dirancang khusus dengan teknologi Low Rolling Resistance (LRR).

Teknologi tersebut diklaim mampu menghasilkan hambatan gulir yang rendah, sehingga secara signifikan mampu menghemat pemakaian daya baterai mobil listrik.

"Selain itu hambatan gulir yang rendah juga membuat ban tidak bising saat berjalan. Karena EV itu kan enggak ada suara, jadi ban harus nyaman," paparnya.

Lanjut Mukiat memaparkan, jika nanti pasar mobil listrik mulai menunjukkan perubahan yang cukup signifikan, maka akan dilakukan impor terlebih dahulu untuk memasarkan ban mobil listrik.

Baca Juga: Berlaku Selama GIIAS 2023, Ban Bridgestone Kena Diskon Hingga Rp 400 Ribu

"Secara teknologi kan kami sudah punya, jadi bisa impor dulu, kalau nanti pasar sudah cukup baik pasti kami akan akan produksi lokal," tuturnya.

Mukiat mengungkapkan, sebanyak 96 persen ban Bridgestone yang dijual di Indonesia merupakan produksi lokal. 

"Dari jumlah yang diproduksi lokal tersebut, kira-kira 25 persennya diekspor ke-70 negara lebih termasuk ke negara asalnya Jepang," pungkas Mukiat.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa