Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Bahayanya Membiarkan Tekanan Angin Ban Kurang Saat Mengemudi di Cuaca Panas

Wisnu Andebar - Kamis, 26 Oktober 2023 | 14:10 WIB
Ilustrasi cuaca panas
Pradana
Ilustrasi cuaca panas

GridOto.com - Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengemudi adalah tekanan angin ban, terutama saat kondisi cuaca panas yang terjadi belakangan ini.

Menurut Head of Original Equipment (OE) PT Bridgestone Tire Indonesia, Fisa Rizqiano, mengemudi dengan ban bertekanan udara rendah dapat menyebabkan pembangkitan panas yang lebih di dalam ban akibat adanya defleksi, ditambah lagi dengan cuaca panas ekstrem berpotensi pecah ban.

"Umumnya, pengguna mobil pribadi berasumsi bahwa ban yang tekanan anginnya kurang, lebih aman untuk dikendarai selama musim panas karena udara panas dapat meningkatkan tekanan ban, itu adalah asumsi yang berbahaya," ujar Fisa dalan keterangan tertulisnya, Selasa (24/10/2023).

Ia memaparkan, mengemudi dengan ban yang tekanan anginnya kurang bukanlah ide yang baik, terutama di cuaca panas ekstrem seperti saat ini.

Tanpa tekanan udara yang tepat, komponen internal ban seperti baja, komposit, dan karet, akan lebih lentur.

Akibatnya, ban dapat mengalami kerusakan internal, mengalami peningkatan panas, dan menjadi lebih lemah serta lebih rentan terhadap ledakan.

Fisa menambahkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan penting untuk memastikan tekanan angin secara berkala sesuai standar yang ada pada masing-masing model mobil.

"Kondisi ideal pengecekan tekanan angin adalah pada saat dingin. Tekanan ban yang tinggi berpotensi membuat ban lebih rentan bocor dan pecah,” paparnya.

Selain itu, perhatikan keausan dan kerusakan ban seperti retak, lecet, menggembung, atau keausan berlebihan, maka sebaiknya jangan dipaksakan.

"Mengemudi dengan ban rusak di musim panas meningkatkan kemungkinan ban pecah, terutama jika ban terlalu panas. Jika ban tidak aman untuk dikendarai, segera ganti dengan ban cadangan," pungkas Fisa.

Baca Juga: AC Mobil Kurang Dingin Bukan Karena Cuaca Panas, Tapi Dari Ini

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa