Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merek Besar Lambat Main Motor Listrik Ketimbang Pendatang Baru di Indonesia, AISI Tidak Setuju

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 6 Oktober 2023 | 15:45 WIB
Merek-merek besar dinilai tertinggal dari para pendatang baru soal motor listrik di Indonesia, AISI tidak setuju.
Gridoto.com/Farhan
Merek-merek besar dinilai tertinggal dari para pendatang baru soal motor listrik di Indonesia, AISI tidak setuju.

GridOto.com - Tidak ada yang bisa memungkiri kalau saat ini, pasar motor listrik di Indonesia dikuasai oleh pemain baru.

Di antara para 'pemain besar' motor di Indonesia, baru PT Astra Honda Motor (AHM) saja yang sudah menjual motor listrik secara massal lewat Honda EM1 e: yang menjadi EV tunggal mereka.

Sementara pabrikan lainnya baru sekadar menunjukkan konsep atau motor pra-produksi mereka seperti PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) lewat Yamaha E01.

Hal tersebut pun memunculkan sentimen kalau para pemain-pemain incumbent ini tertinggal soal motor listrik ketimbang para pemain baru.

Namun, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang menaungi merek-merek besar ini kurang setuju dengan anggapan tersebut.

"Bukan lambat, tapi strategi pasarnya (pemain besar) yang berbeda sehingga muncul kesannya lambat," ucap Hari Budianto, Sejken AISI di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

"Sebenernya prinsipal semua (merek besar) sudah bersiap dari jauh-jauh, tapi kalau masalah entry (masuk menjual produk) itu lain soal," tambahnya.

Hari menuturkan, para pemain besar ini punya pertimbangan yang jauh lebih ketat sebelum mantap terjun langsung ke pasar motor listrik.

Utamanya soal volume, Hari mengatakan bahwa pangsa pasar motor listrik saat ini baru mencapai 5 ribu unit per bulan, hanya satu persen dari total penjualan motor yaitu 500 ribu unit per bulan.

Baca Juga: Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Ini List Terbaru Motor Listrik TKDN 40%

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa