Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Elders Elettrico dan Slank Kolaborasi Bikin Paket Konversi Motor Listrik, Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Wisnu Andebar - Rabu, 27 September 2023 | 18:50 WIB
Elders Elettrico dan Slank kolaborasi bikin paket konversi motor listrik
Wisnu/GridOto.com
Elders Elettrico dan Slank kolaborasi bikin paket konversi motor listrik

GridOto.com - Elders Elettrico sebagai bengkel konversi motor listrik, berkolaborasi dengan band legendaris Indonesia Slank menghadirkan layanan konversi motor konvensional menjadi motor listrik.

Mengusung tema 'Ride to Better Future', program kolaborasi ini dirancang dalam rangka mendukung program konversi dari pemerintah serta memperingati perjalanan musik 40 tahun dari band Slank.

Realisanya, akan ada sebanyak 4.040 unit motor dan skuter klasik nantinya akan mendapatkan layanan konversi langsung dari Elders Elettrico.

Heret Frasthio dari Elders Elettrico mengatakan, bahwa diperlukan sebuah terobosan baru dalam upaya memperkenalkan lebih luas sosialisasi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) salah satunya melalui layanan konversi yang tengah digalakkan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM).

Tangki BBM jadi tempat baterai
Wisnu/GridOto.com
Tangki BBM jadi tempat baterai


“Program konversi motor listrik selama ini belum secara masif informasinya diterima oleh masyarakat, karena itu Elders Elettrico berinisiatif menggandeng grup band Slank yang memiliki visi sama dengan kami," ujar Heret saat berada di Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Tidak sendirian, Elders Elettrico juga menggandeng beberapa stakeholder terkait termasuk para bengkel konversi rekanan dalam mewujudkan program ini.

Heret menjelaskan, program ini akan diawali di Jakarta dengan mengambil lokasi di area SMESCO Jakarta Selatan yang akan diisi dengan beberapa konten pendukung termasuk aksi panggung dari Slank.

Logo khusus yang dibuat Kaka Slank, untuk konversi motor listrik kolaborasi dengan Elders Elettrico
Wisnu/GridOto.com
Logo khusus yang dibuat Kaka Slank, untuk konversi motor listrik kolaborasi dengan Elders Elettrico


Sementara pihak Slank yang diwakili oleh Kaka, sang vokalis menyampaikan, efisiensi energi khususnya di bidang transportasi harus berpihak kepada lingkungan.

”Melalui program konversi motor listrik yang tengah dijalankan pemerintah menjadi dasar kami untuk berkontribusi dalam konteks kepedulian terhadap lingkungan secara berkesinambungan," ucap Kaka.

Baca Juga: Yamaha Mio GT Jadi Roda Tiga Buat Difabel, Enggak Perlu Beli Bensin

"Kami melihat Elders Elettrico memilki kemampuan untuk mengadakan konversi motor listrik ini dalam skala besar,” sambungnya.

Skuter klasik hasil konversi edisi 01 ditandatangani oleh personil Slank akan dilelang
Wisnu/GridOto.com
Skuter klasik hasil konversi edisi 01 ditandatangani oleh personil Slank akan dilelang


Ia juga terlibat dalam pembuatan logo kolaborasi Elders X Slank 'Ride to Better Future'.

Selain paket konversi, kolaborasi ini juga bakal diikuti dengan produk kolaborasi lainnya dalam bentuk apparel seperti helm, t-shirt dan item lainya yang akan diperkenalkan secara bertahap.

Lebih lanjut dari 4.040 motor yang akan dikonversi, 40 di antaranya merupakan paket konversi (kit) untuk skuter klasik termasuk baterai Type Speedster dan Duro dengan harga Rp 25,8 juta serta biaya instalasi Rp 1,5 juta.

Heret mengungkapkan, target 40 konversi skuter klasik adalah para kolektor, didesain khusus dengan kelir berwarna biru lengkap dengan emblem Elders X Slank.

Khusus untuk skuter klasik hasil konversi edisi 01 akan ditandatangani oleh personil Slank dan rencanya akan dilelang pada Oktober 2023.

Contoh Kit Konversi Untuk Rakyat pada Yamaha Vega ZR
Wisnu/GridOto.com
Contoh Kit Konversi Untuk Rakyat pada Yamaha Vega ZR


Sementara untik 4.000 lainnya merupakan Kit Konversi Untuk Rakyat, menyasar motor umum yang juga dilengkapi emblem Elders X Slank.

Masyarakat dapat membayar senilai Rp 7 juta untuk paket konversi (dynamo,controller, mounting).

Kemudian untuk baterai ada dua pilihan yakni kapasitas 72v 20 Ah kecepatan maksimal 70 km/h, jarak Tempuh 45-50 km seharga Rp 7,2 juta.

Lalu untuk baterai 72v 24 Ah dengan kecepatan maksimal 85 km/h, jarak tempuh 60 km berikut charger dihargai Rp 9,5 juta.

Namun, harga tersebut belum dipotong dengan subsidi pemerintah senilai Rp 7 juta.

Terdapat logo Slank pada motor listrik, terbatas hanya 4.000 unit
Wisnu/GridOto.com
Terdapat logo Slank pada motor listrik, terbatas hanya 4.000 unit


Heret menyebutkan, khusus Kit Konversi Untuk Rakyat ini akan didaftarkan program subsidi dari pemerintah.

"Jadi paket konversi meliputi dynamo,controller, mounting seharga Rp 7 juta ini disubsidi. Masyarakat cukup beli baterai, dan bayar jasa instalasi senilai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa