Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Panjang Jalan Tol Operasi di Indonesia Hampir Setara Perancis-Ukraina, Ini Rinciannya

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 27 Agustus 2023 | 13:45 WIB
Ilustrasi: Ruas tol beroperasi di Indonesia per Agustus 2023 jaraknya setara Perancis ke Ukraina, simak yuk rinciannya.
bpjt.pu.go.id
Ilustrasi: Ruas tol beroperasi di Indonesia per Agustus 2023 jaraknya setara Perancis ke Ukraina, simak yuk rinciannya.

GridOto.com - Beroperasinya sejumlah jalan tol di Indonesia mampu memaksimalkan konektivitas antar wilayah karena bisa memangkas waktu perjalanan.

Berdasarkan informasi di akun Instagram BPJT Kementerian PUPR, sampai pertengahan Agustus 2023 ini total panjang jalan tol beroperasi di Indoenesia sudah mencapai 2.760 km.

Kalau dibandingkan, angka tersebut hampir setara dengan perjalanan darat dari Paris, Prancis, ke Poltava, Ukraina yang berjarak 2.765 km saat dicek menggunakan Google Maps.

"Sampai pertengahan Agustus 2023 ini total panjang Jalan Tol beroperasi di Indonesia sudah mencapai 2.760 Km, total tersebut terbagi mulai dari Jalan Tol beroperasi yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Bali," tulis akun @pupr_bpjt, Sabtu (19/8/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

Untuk rinciannya, ruas tol operasi terpanjang berada di Pulau Jawa dengan total 1.776,62 km, diikuti Sumatera 814,68 km, Kalimantan 97,27 km, Sulawesi 61,46 km, dan Bali 10,07 km.

Dari total panjang jalan tol operasi di Indonesia tersebut, juga diketahui ada 71 ruas jalan tol operasi yang dijalankan 49 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) serta 104 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Sementara itu, sampai akhir Agustus 2023 ini Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 dan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A merupakan dua ruas baru yang beroperasi fungsional.

Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus 2023 lalu dan bisa dilalui mulai 6 Agustus 2023.

Menurut Presiden Jokowi, beroperasinya Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 bisa memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dua kali lebih cepat.

Baca Juga: Ini Jalan Tol Kedua yang Beroperasi di Indonesia Setelah Tol Jagorawi

"Sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini, hanya kurang lebih 2,5 jam,” ujarnya, dikutip dari setkab.go.id.

Lalu untuk Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending, resmi difungsionalkan pada Kamis (17/8/2023) oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (TPJT).

Dari keterangan Instagram @pasprojalantol, ruas tol sepanjang 9,075 kilometer tersebut akan difungsionalkan tanpa tarif alias gratis hingga 4 September 2023 mendatang.

Dengan fungsionalnya Tol Paspro Seksi Probolinggo Timur-Gending, waktu perjalanan Pasuruan-Probolinggo yang sebelumnya memerlukan waktu 2,5 jam kini hanya 45 menit.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa