Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganjil Genap Diberlakukan di Jalur Puncak Pada Libur Idul Adha, Catat Jadwalnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 26 Juni 2023 | 20:30 WIB
Ganjil-genap akan diberlakukan di Kawasan Puncak pada periode libur Idul Adha 2023, catat jadwalnya.
tribunnewsbogor.com/Naufal Fauzy
Ganjil-genap akan diberlakukan di Kawasan Puncak pada periode libur Idul Adha 2023, catat jadwalnya.

GridOto.com - Mulai Selasa 27 Juni 2023 hingga 2 Juli 2023, Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil-genap saat menuju kawasan Puncak.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, pemberlakukan ganjil-genap ini sejalan dengan libur panjang cuti bersama Hari Raya Idul Adha.

"Sesuai dengan ketentuan libur nasional, kami akan menyesuaikan pelaksanaan pemeriksaan ganjil-genap sesuai dengan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021. Sehari sebelum libur nasional dan cuti bersama, kami akan melakukan pemeriksaan ganjil-genap," kata Ardian dalam keterangannya, Senin (26/6/2023).

Ia mengatakan, pelaksanaan ganjil-genap akan bergantung pada situasi di lapangan. Jika terjadi kemacetan, rekayasa lalu lintas seperti sistem one way atau pembatasan akses akan diterapkan.

"Pelaksanaannya akan dimulai pada Selasa sore dan malam hari, dan pada Rabu pagi, sore, dan malam hari kami akan menyesuaikannya dengan situasi arus lalu lintas. Jika lalu lintas padat, akan ada rekayasa seperti sistem satu arah atau pembatasan akses. Kami akan menyesuaikan dengan melihat situasi arus masuk dan keluar dari Puncak," jelasnya.

Ardian menambahkan, sebanyak 150 personel dari Satlantas Polres Bogor, TNI, Satpol PP, Dishub, dan lainnya akan dikerahkan. Personel tersebut akan tersebar di berbagai titik di sepanjang Jalur Puncak.

"Untuk mengantisipasi libur panjang, kami telah menyiapkan sekitar 150 personel pada Rabu, termasuk Dishub, Satpol PP, TNI, dan BPBD. Untuk penanganan lalu lintas, kami akan menggunakan 100 personel," tambahnya.

Selain itu, pengendara yang melintas diimbau untuk memastikan kendaraan mereka dalam kondisi baik dan mematuhi aturan serta petugas di lapangan.

Mereka juga harus waspada terhadap titik-titik yang berpotensi bencana karena kondisi cuaca di kawasan Puncak tidak menentu.

Baca Juga: Waspada! Modus Penyiraman Oli Campur Belerang ke Ban Mobil di Puncak Bogor Terjadi Lagi, Polisi Angkat Bicara 

"Cuaca di kawasan Puncak saat ini cenderung mendung dan bahkan sering turun hujan. Kami harap pengendara berhati-hati, memastikan penerangan kendaraan yang memadai karena mungkin akan ada kabut. Selain itu, harap parkir kendaraan di tempat yang aman, jangan di bahu jalan atau dekat pohon karena khawatir akan terjadi longsor atau pohon tumbang," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea
Sumber : ntmcpolri.info

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa