Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganjil Genap Puncak Bogor Diberlakukan Jelang Long Weekend, Catat Jadwalnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 28 April 2023 | 12:30 WIB
Satlantas Polres Bogor akan memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap di Jalur Puncak dari 28 April sampai 1 Mei 2023.
ntmcpolri.info
Satlantas Polres Bogor akan memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap di Jalur Puncak dari 28 April sampai 1 Mei 2023.

GridOto.com - Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang akan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada 28, 29, 30 April, dan 1 Mei 2023.

Keputusan ini diambil karena pada minggu ini, terdapat long weekend dan libur Lebaran 2023.

“Long weekend di 28, 29, 30 April, dan 1 Mei itu kami tetap terapkan ganjil genap. Karena di hari Jumat, Sabtu adalah weekend, kemudian tanggal 1 libur nasional (Hari Buruh),” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian dalam keterangannya, Kamis (27/4/2023).

Penerapan sistem ganjil genap di Kawasan Puncak ini disesuaikan dengan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 yang mengatur bahwa one way menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan ganjil genap satu hari menjelang weekend dan libur nasional.

“Sistem ganjil genap di Kawasan Puncak ini berisifat situasional,” jelas Iptu Ardian.

Iptu Ardian mengatakan, jika terjadi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan, polisi akan menerapkan sistem one way baik dari arah Jakarta menuju Puncak atau sebaliknya.

Sistem ini disesuaikan juga dengan situasi arus kendaraan yang akan menuju Puncak.

"Jika pemeriksaan ganjil genap sudah dilaksanakan namun arus kendaraan yang datang masih banyak, maka sistem one way akan diberlakukan di atas untuk pagi dan di bawah di siang hari," ujarnya.

Polres Bogor berharap bahwa sistem ganjil genap dapat membantu mengurangi kemacetan di Kawasan Puncak pada saat long weekend dan libur lebaran.

Baca Juga: One Way dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Tol Japek Dihentikan, Lalu Lintas Kini Mulai Normal

Masyarakat juga diminta untuk mematuhi aturan yang berlaku agar dapat menciptakan situasi yang aman dan nyaman selama liburan.

Editor : Dida Argadea
Sumber : ntmcpolri.info

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa