Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Imbau Jika Temukan Bengkel Nakal Untuk Segera Melapor, Begini Caranya

M. Adam Samudra - Selasa, 2 Mei 2023 | 10:37 WIB
Pihak kepolisian datangi bengkel yang diduga melakukan pemerasan di Sentul Bogor
Polres Bogor
Pihak kepolisian datangi bengkel yang diduga melakukan pemerasan di Sentul Bogor

GridOto.com - Polisi menghimbau kepada pengendara motor dan mobil khususnya di wilayah Kabupaten Bogor untuk segera melapor jika menemukan adanya indikasi dugaan pemerasan sebuah bengkel.

Hal ini terkait viralnya bengkel yang diduga melakukan getok harga jasa servis motor di daerah Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5/2023) siang.

"Pihak kepolisian akan bantu menyelesaikan masalah-masalah apabila memang ada warga masyarakat yang datang untuk melaporkan perihal masalah tersebut," kata Iptu Desi Triana, Kasi Humas Polres Bogor saat dihubungi GridOto.com, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, apabila masyarakat tidak segera melapor akan sulit untuk ditindaklanjuti.

"Nah kalau enggak ada warga masyarakat yang datang lalu mau bagaimana menindak lanjuti? Karena pihak kepolisian akan tindak lanjut apabila ada fakta dan bukti-bukti dari dua alat bukti. Pertama keterangan saksi-saksi dan kedua adanya barang bukti, itu sudah cukup," paparnya.

Supaya konsumen terhindar dari servis motor tidak bertanggung jawab, Iptu Desi membagikan beberapa tips bermanfaat yang mudah diterapkan.

Utamanya, konsumen dianjurkan untuk melakukan servis di bengkel resmi karena bengkel resmi APM memiliki SOP perawatan yang ditetapkan oleh pabrikan.

Baca Juga: Bengkel di Bogor Ini Bikin Tepok Jidat, Cuma Minta Ganti Oli tapi Motor Dibongkar, Ujung-ujung Minta Bayaran Rp 2,7 Juta

Jadi, potensi manipulasi harga atau malapraktik saat servis sangat minim terjadi.

Namun, jika akses ke bengkel resmi cukup sulit, anjuran lain yang bisa diterapkan konsumen adalah menghubungi call-center bengkel servis resmi atau nomor telepon teknisi resmi terlebih dahulu untuk menyampaikan keluhan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa