Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2023

HFD 2023 Daihatsu Xenia Tempuh 1.886 Km, Konsumsi BBM Ramah di Kantong

Wisnu Andebar - Jumat, 28 April 2023 | 20:10 WIB
Daihatsu Xenia saat perjalanan mudik ke Blitar, Jawa Timur
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Xenia saat perjalanan mudik ke Blitar, Jawa Timur

GridOto.com - Rangkaian acara Holiday Fun Drive (HFD) 2023 saya bersama Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA akhirnya tiba di pengujung perjalanan.

Secara total saya berhasil menempuh jarak 1.886 kilometer rute Jakarta-Pati-Blitar-Jakarta selama 10 hari mulai 19 April hingga 28 April 2023 via Tol Trans Jawa.

Jarak tempuh tersebut sudah termasuk menyambangi beberapa destinasi wisata di sekitaran wilayah Pati dan Blitar.

Adapun konsumsi BBM rata-rata Daihatsu Xenia hingga kembali tiba di Jakarta menunjukkan 16,1 km/l.

Hasil tersebut didapat lantaran selama perjalanan kembali ke Jakarta didominasi jalan tol serta kondisi lalu lintas yang cenderung lancar.

Sedangkan untuk rute dalam kota dari hasil pengetesan saya selama HFD 2023, konsumsi BBM rata-rata Daihatsu Xenia bisa mencapai sekitar 14 km/l.

Konsumsi BBM Daihatsu Xenia dalam acara HFD 2023
Wisnu/GridOto.com
Konsumsi BBM Daihatsu Xenia dalam acara HFD 2023


Selain dari kondisi lalu lintas, faktor yang memengaruhi konsumsi BBM tentunya juga dipengaruhi oleh gaya berkendara, beban penumpang, dan lainnya.

Untuk gaya berkendara saya lebih menerapkan eco driving selama perjalanan, yakni tidak melakukan akselerasi secara tiba-tiba serta menjaga kecepatan konstan.

Kemudian untuk muatan Daihatsu Xenia yang saya kendarai bisa dibilang penuh dengan tujuh penumpang dewasa dan satu anak ditambah barang bawaan.

Baca Juga: HFD 2023 Manfaatkan Fitur Android Auto di Daihatsu Xenia, Perjalanan Jadi Makin Asyik

Faktor teknis lainnya seperti tekanan udara ban dan Air Conditioner (AC), juga menjadi poin penting yang memengaruhi konsumsi BBM.

Untuk tekanan udara ban dipastikan sudah sesuai anjuran pabrikan, dan AC selalu menyala termasuk saat istirahat.

Lantas, berapa biaya BBM yang dihabiskan Daihatsu Xenia selama HFD 2023?

Jika dihitung secara manual maka jarak tempuh dibagi BBM rata-rata lalu dikalikan harga Pertamax, yaitu: (1.886 km : 16,1 km/l) x Rp 13.300 = Rp 1.558.000.

HFD 2023 Daihatsu Xenia isi BBM Pertamax dari Pertamina
Wisnu/GridOto.com
HFD 2023 Daihatsu Xenia isi BBM Pertamax dari Pertamina


Selain dari konsumsi BBM yang irit, secara keseluruhan Daihatsu Xenia tipe 1.5 R CVT ASA yang saya kendarai ini sungguh memberikan kenyamanan bagi keluarga saya.

Menembus kemacetan di Tol Trans Jawa saat arus mudik dan arus balik, keluarga saya tetap merasa nyaman berkat kabin Daihatsu Xenia yang cukup lapang.

Selain itu, adanya fitur Advanced Safety Assist (ASA) pada Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) besutan Daihatsu ini membuat perjalanan lebih tenang.

ASA sendiri merupakan fitur keselamatan aktif yang bekerja melalui kamera stereo untuk mendeteksi adanya objek di depan mobil.

Lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, yang mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Secara total ASA punya enam fitur keselamatan yang meliputi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Semua fitur menurut saya mampu bekerja dengan baik, seakan ingin selalu menjaga seluruh penumpang di dalam kabin guna meminimalisir risiko kecelakaan.

Sepanjang perjalanan saya juga enggak merasa khawatir saat bertemu berbagai medan jalan berkat tenaga dan torsi yang melimpah.

Pasalnya, Daihatsu Xenia yang saya kendarai dibekali mesin 1.500 cc berteknologi NR-VE Dual VVT-i yang punya tenaga sebesar 106 dk dan torsi maksimal 138,2 Nm.

Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) dan disalurkan ke roda depan (FWD).

Sampai jumpa di HFD selanjutnya sobat!

Editor : Hendra

Gak Cuma Wuling Almaz dan Honda Civic, Isuzu MU-X Juga Ada Varian RS

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa