Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalur Alternatif Jonggol Jangan Dilintasi Malam Hari, Polisi Ungkap Dua Alasannya

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 18 April 2023 | 16:45 WIB
Jalan masih bergelombang dan minim penerangan, jajaran kepolisian Polres Cianjur imbau pemudik tidak melintasi jalur alternatif Jonggol pada malam hari.
TribunJabar.id/Ferri Amiril Mukminin
Jalan masih bergelombang dan minim penerangan, jajaran kepolisian Polres Cianjur imbau pemudik tidak melintasi jalur alternatif Jonggol pada malam hari.

GridOto.com - Untuk memastikan keselamatan para pemudik, Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mengimbau untuk tidak melintasi jalur alternatif Jonggol pada malam hari.

Menurut Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso, jalur alternatif tersebut masih minim lampu penerangan dan memiliki badan jalan yang bergelombang.

"Kami tidak menyarankan pemudik yang hendak menggunakan jalan alternatif Jonggol digunakan saat malam hari, lantaran sekitar 15 persen kondisi badan jalan masih rusak dan bergelombang," katanya, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (18/4/2023).

Selain itu, kata dia, penerangan di jalur alternatif Jonggol hanya mengandalkan lampu-lampu dari rumah penduduk yang ada di sepanjang jalur itu," katanya.

Budi menambahkan, terdapat dua jalur alternatif di wilayah Cianjur, yang bisa dilintasi saat mudik Lebaran 2023, yakni jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Dia menyarankan agar pemudik memilih jalur alternatif Sukabumi yang lebih baik untuk dilintasi oleh kendaraan pemudik secara keseluruhan.

"Secara keseluruhan bagus. Namun, pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati dan waspada karena rawan kecelakaan lalu lintas dan dari arah Cianjur ke Sukabumi kondisi jalanannya menanjak sepanjang 5 kilometer," kata dia.

Seiring dengan mendekati H-6 Idulfitri 2023, volume kendaraan di sepanjang jalur mudik Cianjur akan terus meningkat sampai dua hari ke depan.

"Sudah ada peningkatan sekitar 10 persen, yang didominasi pemotor. Sebagian dari mereka merupakan pemudik jarak pendek dan mereka lebih memilih perjalanan dini hari atau subuh untuk menghindari cuaca panas," katanya.

Baca Juga: Banyak Lokasi Pariwisata, Menteri PUPR Ajak Masyrakat Mudik Lebaran 2023 Lewat Pansela

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Polisi Cianjur Minta Pemudik Tidak Lewat Jalur Alternatif Jonggol saat Malam, Ini Dua Alasannya

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa