Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Jadi Jalur Alternatif, Tol Japek II Selatan Difungsionalkan Saat Mudik Lebaran 2023, Catat Titik Masuknya

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 29 Maret 2023 | 09:05 WIB
Tol Japek II Selatan akan difungsionalkan pada arus mudik Lebaran 2023 sesuai diskresi polisi.
Dok. Jasa Marga
Tol Japek II Selatan akan difungsionalkan pada arus mudik Lebaran 2023 sesuai diskresi polisi.

GridOto.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan atau Tol Japek II Selatan dipersiapkan jelang arus mudik Lebaran 2023.

Berdasarkan penuturan pihak Jasa Marga, Tol Japek II akan dibuka sebagai jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi di Tol Japek Utama.

Namun, pembukaan Tol Japek II sebagai jalur alternatif saat periode mudik Lebaran 2023 tersebut akan dilakukan atas diskresi polisi.

"Jadi bila terjadi kemacatan di ruas Jalan Tol Utama Jakarta-Cikampek, maka Japek Selatan ini akan menjadi jalur alternatif sesuai arahan dari kepolisian nantinya," ucap Corporate Comunication & Development Group Head Jasa Marga, Lisye Oktaviana, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (28/3/2023).

Lisye mengatakan, ruas Jalan Tol Japek II Selatan yang akan berfungsi sebagai jalur alternatif tersebut nantinya hanya bisa dilintasi oleh kendaraan Golongan I.

Dari total panjang 64 Km, hanya ruas sepanjang 8,5 Km jalan tol di Japek II Selatan yang akan difungsionalkan.

Titik masuknya dari wilayah Sadang KM 75 Tol Cipularang menuju pintu gerbang keluar Tol Kutanegara, di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek Selatan, wilayah Karawang.

Lisye menambahkan, sebenarnya sekitar 8,5 Km ruas Jalan Tol Japek II Selatan pada tahun lalu memang sudah bisa dilalui, namun dalam kondisi rusak.

"Kini, sudah kami perbaiki dan sudah mencapai 90 persen hingga untuk mudik nanti sudah siap dilalui  kendaraan Golongan I non bis," ucapnya.

Baca Juga: Kondisi Jalur Pantura dan Pansela Mantap 90 Persen Buat Mudik 2023, Kementerian PUPR Juga Tambah Tol Operasional Baru

Selain ruas jalan yang sudah diperbaiki, rambu-rambu lalu lintas pun sudah dipasang guna mempermudah pengemudi yang melintas pada malam hari.

Perlu dicatat, Lisye mengatakan kalau Tol Japek II Selatan tersebut baru akan difungsionalkan pada arus balik Lebaran, tepatnya dari arah Bandung menuju Jakarta.

"Jadi nanti pengemudi Golongan I yang melintas di ruas Jalan Tol Cipularang bisa masuk dari Sadang Purwakarta menuju Kurtanegara Karawang. Setelah itu, pengendara bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalur Pantura," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tol Japek II Selatan Akan Difungsikan Selama Mudik Lebaran 2023, Khusus Arah Bandung ke Jakarta

Editor : Hendra
Sumber : TribunJabar.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa