Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jembatan Pemali Belum Selesai Diperbaiki, Pemudik Bisa Lewat Jalur Alternatif Jalingkut Tegal-Brebes

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 16 April 2023 | 08:00 WIB
Perbaikan Jembatan Pemali sisi utara belum rampung, menurut polisi titik tersebut diprediksi jadi titik kemacetan selama arus mudik Lebaran 2023.
TribunJateng.com/M Zaenal Arifin
Perbaikan Jembatan Pemali sisi utara belum rampung, menurut polisi titik tersebut diprediksi jadi titik kemacetan selama arus mudik Lebaran 2023.

GridOto.com - Kapolres Brebes, AKBP Guntur Muhammad Tariq menyatakan bahwa terdapat beberapa titik pada arus mudik Lebaran 2023 yang berpotensi menimbulkan kemacetan, salah satunya di Jembatan Pemali sisi utara.

Saat ini, Jembatan Pemali sisi utara yang berlokasi di Jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, tidak dapat dilalui oleh kendaraan karena belum selesai diperbaiki, dan arus lalu lintas hanya menggunakan jembatan sisi selatan.

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan pada titik tersebut, yaitu dengan memanfaatkan jlaru alternatif Jalan Lingkat Utara (Jalingkut) hingga ke wilayah Kota Tegal dan akan diberlakukan one way jika diperlukan untuk mengurai kendaraan.

"Jalur Pemali yang seperti dikatakan Kasat Lantas, kita akan melaksanakan rekayasa di Jalingkut. Jadi enggak usah khawatir, kami sudah prediksi. Skenario terburuk pun sudah kami siapkan," kata Guntur, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Guntur mengatakan bahwa Polres Brebes telah menyiapkan kesiapannya dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, termasuk personel pengamanan dan rekayasa lalu lintas.

"Jadi untuk Polres Brebes saya pastikan 100 persen siap, untuk mengantisipasi saudara-saudara kita yang akan melaksanakan mudik," ujarnya.

Sementara itu, untuk jalur selatan menuju arah Purwokerto, terdapat beberapa lokasi yang dikhawatirkan akan mengalami kemacetan, seperti pasar di Linggapura dan beberapa tanjakan yang harus diwaspadai. Namun, tim urai sudah disiapkan untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelumnya, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Indra Jafar, mengatakan, proyek perbaikan Jembatan Pemali di Brebes diprediksi jadi titik kemacetan di Pantura.

"Diprediksi proyek perbaikan Jembatan Pemali tidak akan selesai pada saat pelaksanaan Ops Ketupat 2023," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Juwana Selesai, Ganjar Pranowo Pastikan Jalur Mudik Lebaran 2023 Pati-Rembang Lancar

Karena hal tersebut, pihaknya mengeluarkan sejumlah rekomendasi, mulai dari diperlukan percepatan perbaikan jalan dan pekerjaan penggantian jembatan.

Selanjutnya, pengaturan rekayasa lalu lintas di Jembatan Pemali perlu disosialisasikan dari jauh-jauh hari.

Editor : Hendra
Sumber : TribunCirebon.com,Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa