Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembangunan Tiga Jembatan di Denpasar Rampung, Telan Biaya Rp 109 Miliar

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 29 Maret 2023 | 19:05 WIB
KementerianPUPR selesaikan pembangunan tiga jembatan yang di Denpasar, Bali
Dok. Kementerian PUPR
KementerianPUPR selesaikan pembangunan tiga jembatan yang di Denpasar, Bali

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tiga jembatan di Denpasar, Bali.

Adapun jembatan yang selesai dibangun berada di Jalan Gatot Subroto Timur, tepatnya di Ruas Simpang Cokroaminoto-Simpang Tohpati, Denpasar, Bali.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar kawasan perlu terus ditingkatkan agar aliran barang, jasa, dan masyarakat bisa lebih lancar dan efisien.

"Pembangunan infrastrukur jembatan, flyover dan underpass akan meningkatkan konektivitas antar kawasan, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," ujar Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Rabu (29/03/2023).

KementerianPUPR selesaikan pembangunan tiga jembatan yang di Denpasar, Bali
Dok. Kementerian PUPR
KementerianPUPR selesaikan pembangunan tiga jembatan yang di Denpasar, Bali

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan dan Jembatan (BBPJN) Jawa Timur–Bali, Apri Artoto, menambahkan konstruksi ketiga jembatan tersebut yaitu pertama Jembatan Tukad Bindu sepanjang 53,5 meter.

Kemudian Jembatan Tukad Ayung sepanjang 63,5 meter dan Jembatan Tukad Penatih sepanjang 63,5 meter rampung pada Februari 2023 dan siap diresmikan.

"Pembangunan ketiga jembatan ini dimulai sejak April 2021 lalu oleh PT Brantas Abipraya (Persero) selaku kontraktor pelaksana dan PT Wiranta Bhuana Raya KSO PT Weistan Konsultan Pembangunan dan PT Sinergi Teknik Utama sebagai konsultan," ucap Apri.

Lanjut menurut Apri, pembangunan ketiga jembatan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 109,823 miliar.

Baca Juga: Biar Jalan Rusak Dikebut Perbaikannya Sama Pemerintah, Tinggal Buka Aplikasi Ini

Adapun ketiga jembatan tersebut, sebelumnya merupakan jembatan rangka baja bertipe Australian yang memiliki lebar perkerasan 7 meter (2 lajur) dan lebar perkerasan jalan 14 meter (4 lajur, 2 jalur).

Setelah dilakukan penggantian, ketiga jembatan tersebut saat ini bertipe konstruksi girder beton supaya masa layanannya lebih kuat dan tahan lama.

Selama pelaksanaan konstruksi, BBPJN Jawa Timur–Bali telah  berkoordinasi dengan Polda Bali dan Polresta Denpasar demi kenyamanan pengguna jalan.

Pasalnya ketiga jembatan tersebut berada di ruas jalan nasional yang merupakan salah satu jalur utama logistik lintas selatan Pulau Bali.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa