Biar Jalan Rusak Dikebut Perbaikannya Sama Pemerintah, Tinggal Buka Aplikasi Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 16 Maret 2023 | 21:30 WIB

Lapor pakai aplikasi Jalan Cantik, ruas jalan yang rusak di wilayah Provinsi Jateng bisa dikebut perbaikannya. (foto ilustrasi) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Ada cara cepat supaya pemerintah mau memperbaiki jalan rusak, yakni dengan membuka aplikasi Jalan Cantik.

Aplikasi Jalan Cantik ini bisa digunakan untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Masyarakat di Jateng bisa mengunduh aplikasi Jalan Cantik di Play Store yang sudah tersedia untuk pengguna smartphone Android.

Hasil positif penggunakan aplikasi tersebut sudah dirasakan warga, contohnya seperti yang terjadi di ruas jalan Weleri-Sukorejo Desa Pageruyung, Kabupaten Kendal.

Petugas perbaikan jalan datang menambal aspal yang berlubang pada Rabu (15/3/2023), setelah mendapatkan laporan dari warga dua hari sebelumnya.

Warga yang melaporkan jalan rusak di wilayah tersebut melalui aplikasi Jalan Cantik adalah David (33).

Alasan di balik tindakan David memotret jalan dan melaporkannya ke aplikasi karena dirinya prihatin dengan banyaknya lubang di jalanan wilayah Pageruyung.

"Iya, saya sering lewat sini, dan kondisinya banyak yang rusak. Saya laporkan lewat Jalan Cantik, waktu itu hari Senin (13/3/2023) kemarin," kata David, dikutip dari TribunJateng, Kamis (16/3/2023).

Hanya berselang dua hari setelah melaporkan kondisi jalan tersebut, Pemerintah Provinsi Jateng langsung menerjunkan pertugas perbaikan jalan.

jalancantik.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id
Aplikasi Jalan Cantik bisa diunduh di Google Playstore bagi pengguna smartphone Android