Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Lewat Jalur Pansela Makin Nyaman, Pemerintah Bangun Jembatan Kretek 2 dan Rest Area Girisubo Swanayasa

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 5 April 2023 | 14:05 WIB
Pemerintah selesaikan pembangunan paket Jembatan Kretek 2.
Dok. Kementerian PUPR
Pemerintah selesaikan pembangunan paket Jembatan Kretek 2.


GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyelesaikan pembangunan paket jembatan Kretek 2 yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun pekerjaan jembatan dengan total panjang 2,6 km ini membentang di atas Sungai Opak, dan menghubungkan antara Desa Tirohargo dengan Desa Parangtritis.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, jembatan ini merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) Jawa atau disebut juga jalur Pantai Selatan (Pansela).

"Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak obyek wisata," ujar Basuki dalam keterangannya, Selasa (04/04/2023).

Pada paket pekerjaan Jembatan Kretek 2 dibangun juga rest area Girisubo Swanayasa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul seluas 7.340 meter persegi dan berjarak sekitar 82 km dari Pantai Parangtritis.

Perjalanan menuju rest area tersebut melintasi beberapa pantai berpanorama indah di wilayah pesisir pantai selatan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY, Direktorat Jenderal Bina Marga, Wida Nurfaida berharap, pembangunan rest area Girisubo Swanayasa ini dapat meningkatkan potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Harapannya, para wisatawan atau pemudik yang melalui jalur Pansela nanti dapat beristirahat disini dan dapat meningkatkan potensi perekonomian bagi masyarakat sekitar," kata Wida.

Adapun rest area Girisubo Swanayasa dilengkapi dengan area parkir berkapasitas 6 kendaraan besar, 24 mobil dan 44 motor.

Baca Juga: Jalur Pansela Diupayakan Bebas Lubang Jelang Mudik Lebaran 2023, Kemantapan Sudah 93 Persen

Rest area Girisubo Swanayasa di D.I. Yogyakarta

Pada bangunan Limasan 1 dan Limasan 2, disediakan dine in area berkapasitas 120 dan 86 kursi, ATM center, toko souvenir, tenant F&B, toilet, serta kantor operasional, disediakan pula kids area dan 4 VIP room.

"Ada juga amphiteater berkapasitas 60 kursi untuk event-event budaya seperti sendratari. Dan kami sediakan ruang eksibisi supaya para pengrajin lokal dapat mengikuti pameran," tambah Wida.

Paket Pekerjaan Jembatan Kretek 2 dibangun oleh penyedia jasa Wika-Hutama Joint Operation dengan anggaran sebesar Rp364 miliar yang berasal dari dana loan Islamic Development Bank (IsDB).

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa