Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Jalur Pansela Diupayakan Bebas Lubang Jelang Mudik Lebaran 2023, Kemantapan Sudah 93 Persen

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 3 April 2023 | 09:45 WIB
Kemantapan Jalur Pansela jelang mudik Lebaran 2023 sudah mencapao 93 persen, siap dilalui para pemudik.
TribunJabar.id/M Rizal Jalaludin
Kemantapan Jalur Pansela jelang mudik Lebaran 2023 sudah mencapao 93 persen, siap dilalui para pemudik.

GridOto.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam keterangan resminya pada Kamis (30/3/2023) menyatakan, kemantapan jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) telah mencapai 93 persen jelang mudik Lebaran 2023.

Artinya, jalur yang membentang sepanjang 1.543 kilomter di bagian selatan Pulau Jawa tersebut sudah hampir sempurna.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian, mengatakan Jalur Pansela yang berada di wilayah Jawa Barat, dipastikan juga tidak ada isu kritis dan bisa dinyatakan aman dilalui para pemudik.

"Secara umum aman. Memang kalau sekarang masih ada beberapa lubang karena cuacanya yang belum bersahabat," jelas Wilan, dikutip dari Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Pada arus mudik Lebaran 2023 nanti, Jalur Pansela diupayakan sudah bebas dari lubang jalan dengan sejumlah perbaikan yang terus dikebut saat ini.

"Kondisi aman semua. Kami upayakan zero potholes," jelas Wilan.

Sebagai informasi, jalan nasional di pulau Jawa membentang sepanjang 4.821 kilometer yang terbagi atas jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Kemantapan Jalur Pansela sepanjang 1.543 kilometer telah mencapai 93 persen atau hampir sempurna, sementara kemantapan Jalur Pantura sepanjang 1.192 kilometer sudah mencapai 92 persen.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan, pihaknya akan melakukan antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan pada masa mudik Lebaran 2023 demi kenyamanan pelayanan di jalan nasional maupun jalan tol.

Baca Juga: Kondisi Jalur Pantura dan Pansela Mantap 90 Persen Buat Mudik 2023, Kementerian PUPR Juga Tambah Tol Operasional Baru

"Kementerian PUPR akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan Lebaran pada tahun ini," ujarnya.

Dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2023, Kementerian PUPR menyiapkan beberapa upaya.

"Pertama melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. Kemudian dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan," jelas Hedy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemantapan Lintas Pansela Jawa Hampir Sempurna, Siap Sambut Pemudik

Editor : Dida Argadea
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa