Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Disebut Prioritas Pemerintah, Pengamat Transportasi Tidak Rekomendasikan Pansela buat Jalur Mudik 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 15 Maret 2023 | 10:40 WIB
Pengamat Transportasi sebut Jalur Pansela tidak direkomendasikan untuk jalur mudik Lebaran 2023. (foto di salah satu titik jalur Pansela yang berada tepat di bibir pantai)
Aant/Otomotifnet
Pengamat Transportasi sebut Jalur Pansela tidak direkomendasikan untuk jalur mudik Lebaran 2023. (foto di salah satu titik jalur Pansela yang berada tepat di bibir pantai)

GridOto.com - Jalur Lintas Pantai Selatan Jawa (Pansela) tidak direkomnedasikan digunakan sebagai jalur mudik 2023.

Ada beberapa alasan terkait Pansela tidak direkomendasikan untuk jalur mudik Lebaran 2023 yang disebutkan pengamat transportasi sekaligus akademisi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno.

Menurut Djoko, faktor-faktor yang menyebabkan Pansela tidak direkomendasikan sebagai jalur mudik 2023 di antaranya tipe jalanan yang berkelok-kelok, minimnya fasilitas dan lampu penerangan jalan.

"Alasan tidak memilih jalur Pansela adalah Pansela rawan macet dan kondisi jalan Pansela yang berkelok-kelok," ucap Djoko, dikutip dariTribunnews, Selasa (14/3/2022).

"Kekurangan Pansela adalah jalan rusak, prasarana penunjang kurang, jalan sempit, kemacetan dan keamanan jalan," lanjutnya.

Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga melakukan riset yang hasilnya sejalan dengan rekomendasi dari Djoko.

Hasil riset tersebut menyebutkan potensi pergerakan nasional pada periode libur Lebaran 2023 mencapai 45,8 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 123,8 juta orang.

Sementara saat periode mudik Lebaran 2023, jumlah pergerakannnya kira-kira ada sebanyak 9,2 juta orang.

Dalam perhitungan itu, perjalanan via darat menyumbang angka terbanyak, terutama yang tujuannya ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Sepanjang 85 Km Jalan Pansela di Jatim Rampung Digarap, Bakal Jadi Alternatif Mudik 2023 

Editor : Hendra
Sumber : tribunnews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa