Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waduh Nissan Serena, X-Trail dan Leaf Kena Recall, Berdampak di Indonesia?

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 7 Maret 2023 | 22:05 WIB
Nissan Leaf di ajang IEMS 2022
Naufal/GridOto.com
Nissan Leaf di ajang IEMS 2022

GridOto.com - PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) sebagai distributor kendaraan Nissan di Indonesia memastikan penarikan kembali atau recall Nissan Serena, X-Trail dan Leaf tidak berdampak di Indonesia.

Seperti diketahui, Nissan Motor Co melakukan recall kepada lebih dari 500 ribu unit Serena dan X-Trail produksi 2010 sampai 2017 atas indikasi kerusakan sistem idling stop kendaraan.

Adapun fitur idling stop tersebut berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat diam.

Kemudian recall juga dilakukan sebanyak lebih dari 60 ribu unit Nissan Leaf produksi 2017 sampai 2023 karena terdapat kesalahan manual pengemudi, dampaknya mengakibatkan instruksi palsu tentang pengoperasian Defoster.

Menanggapi hal tersebut, Chief Executive Officer PT NMDI, Tan Kim Piauw, mengatakan recall terkait tiga produk tersebut tidak berdampak terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia.

Pasalnya Nissan Serena dan X-Trail di Indonesia tidak memiliki fitur idling stop, serta tidak ada fitur defroster di semua Nissan Lead di Indonesia.

"Kami terus menjaga komitmen dan kepercayaan yang diberikan konsumen dengan senantiasa memberikan layanan dan produk terbaik," ujar Tan Kim Piauw dalam keterangan tertulisnya yang diterima GridOto, Senin (06/03/2023).

Menurutnya bila terdapat permasalahan dari produk Nissan, tentu pihaknya akan membuat informasi resmi terhadap konsumen.

"Jika terdapat permasalahan dari produk Nissan yang dibutuhkan untuk dilakukan penarikan kembali (recall) tentunya kami akan membuat pengumuman secara resmi," ucapnya.

Baca Juga: Tertarik Beli Mobil Baru Nissan Magnite, All New Livina, Kicks e-Power Sampai Leaf, Cek Dulu Daftar Harga Maret 2023

Mengawali tahun 2023, Nissan Indonesia juga memperkenalkan berkomitmen layanan after sales kepada konsumen yang disebut 'Trust Nissan'.

Adapun pelayanan meliputi emergency roadside assistance dan call center 24 jam dan service advisor dan teknisi sertifikasi Nissan Global.

Kemudian garansi parts hingga 20 ribu kilometer per tahun, serta garansi pekerjaan atau jasa hingga seribu kilometer per 14 hari.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa