Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Figur Andi Setiawan, Puluhan Tahun Bergelut di Dunia Kaca Film, Kini Jadi OEM 5 Brand Mobil

Naufal Shafly - Senin, 16 Januari 2023 | 19:25 WIB
Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International
Agus Salim/GridOto.com
Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International

GridOto.com - Nama Andi Setiawan mungkin sudah tidak asing lagi bagi pelaku otomotif Indonesia, khususnya di industri kaca film.

Andi Setiawan adalah Presiden Direktur PT Global Auto International, yang merupakan agen pemegang merek ICE-u Premium Window Film di Indonesia.

Mulanya, ICE-u Premium Window Film lebih dikenal sebagai kaca film OEM Mitsubishi Xpander, sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 silam.

Saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu, Andi menceritakan sedikit kisahnya saat pertama kali ditunjuk sebagai kaca film OEM Mitsubishi Xpander.

Mulanya, Ia merasa tertantang untuk membawa kaca film ICE-u ke Indonesia dikarenakan branding merek tersebut telah besar di negara asalnya, Jepang.

Berbekal pengalaman 20 tahun di bisnis kaca film lewat usaha keluarganya, Ia akhirnya meyakinkan diri untuk membawa brand tersebut ke Indonesia.

"Saya melihat negaranya, di Indonesia semua orang kalau kita bicara kaca film selalu bilangnya Amerika the best, karena hampir semua kompetitor juga klaimnya dari Amerika. Saya berfikir, satu-satunya negara yang bisa menandinginya ya Jepang," ungkap Andi kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Setelah menguji ketahanan produknya selama satu tahun, Andi mulai memasarkan produknya kepada main dealer Toyota di Jawa Tengah.

"Awalnya saya mengajak main dealer di Jawa Tengah, Toyota Nasmoco. Waktu itu saya diberikan kesempatan untuk memasarkan produk ini tepatnya di Toyota Rush untuk Jawa Tengah area. Tahun 2015," jelas Andi di kantornya di bilangan Jakarta Timur.

Baca Juga: Kaca Film ICE-u Rikeguard Diklaim Antivirus dan Bakteri, Simak Keunggulan Lainnya

"Setelah satu setengah tahun, kami mendapatkan setiap bulannya sekitar 400 unit untuk Jawa Tengah. Akhirnya berkembang lagi ke produk lain yaitu Yaris, dan Avanza Veloz," tambahnya.

Usai mendapat kesempatan tersebut, Andi tak berpuas diri dan berniat untuk mengembangkan pemasarannya ke pasar yang lebih besar lagi, tepatnya masuk menjadi OEM pabrikan.

Kaca film ICE-u menjadi OEM Mitsubishi Xpander
Rizky/GridOto.com
Kaca film ICE-u menjadi OEM Mitsubishi Xpander


"Secara kebetulan, ada Mitsubishi Project, jadi mereka minta penawaran dari kami, dan memang secara tidak langsung Konica Minolta di Jepang juga masih ada hubungan kerja sama dengan MMC (Mitsubishi Motors Corporation), akhirnya kami diberikan kesempatan," lanjutnya.

Menjadi OEM Mitsubishi menurutnya adalah tantangan yang besar. Saat itu, dirinya bahkan belum mengetahui mobil Mitsubishi apa yang akan disandingkan dengan produknya.

Usai menunggu kurang lebih enam bulan, akhirnya ICE-u diumumkan sebagai pemegang tender untuk Mitsubishi Xpander, produk terbaru Mitsubishi saat itu.

"Dari situ, diputuskan juga, Mitsubishi Outlander dan Mitsubishi Mirage akhirnya ICE-u Jadi ya sebetulnya kronologisnya masuk dari situ," jelasnya.

Tak hanya Mitsubishi, kini ICE-u sudah merambah sebagai kaca film OEM merek lainnya.

Pada 2021, PT Eruokars Motor Indonesia (EMI) sebagai APM Mazda di Indonesia resmi menunjuk ICE-u untuk bersanding dengan seluruh lini produknya.

Setahun berselang, giliran PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mempercayakan ICE-u sebagai kaca film OEM untuk Honda WR-V.

Baca Juga: Jadi Kaca Film OEM Wuling Air ev, ICE-µ Sebut Prosesnya Tidak Mudah

Kaca film ICE-u RT70 Sky Blue sebagai OEM mobil listrik Wuling Air Ev
Ryan/GridOto.com
Kaca film ICE-u RT70 Sky Blue sebagai OEM mobil listrik Wuling Air Ev


Tak berhenti di situ, ICE-u juga dipilih Wuling Motors sebagai kaca film OEM untuk mobil listrik mungil mereka, yakni Air Ev.

Terakhir, ada PT Leading Vision Otomotif selaku APM baru Volvo di Indonesia, yang akan memakai ICE.u pada produk mereka.

Terkait keberhasilan mereka dalam penetrasi sebagai OEM di sejumlah merek, Andi menyebut hal ini tak lepas dari konsistensi ICE-u untuk terus menjaga kualitas produk.

"Kami yakin, dengan keunggulan teknologi yang kami miliki, ICE-u Premium Window Film dapat selalu memberikan perlindungan dan kepuasan bagi pemilik mobil di Tanah Air," pungkasnya.

Untuk terus bertahan dalam persaingan ketat industri kaca film, ICE-u mengembangkan produk baru yakni Sky Blue RT70 Series.

Sky Blue RT70 Series merupakan kaca film untuk mobil listrik.

"Produk ini dapat memberikan pilihan bagi pemilik mobil listrik untuk mempertegas tampilan yang lebih bersih, dan berkesan ramah lingkungan dengan karakteristik yang ditawarkan oleh kaca film ini,” ujar Andi.

Kehadiran ICE-µ Sky Blue RT70 Series ini menjadi bagian tiga line-up kaca film yang dimiliki oleh ICE-u Premium Window Film di Indonesia, yaitu RT Series, CT Series dan Rikeguard.

“Kami menargetkan segmen mobil kelas menengah ke atas agar sesuai dengan positioning kaca film kami yang premium dengan harga paling kompetitif,” pungkas Andi.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa