Enggak Takut Saling 'Bunuh', Suzuki Yakin S-Presso dan Ignis Bisa Jalan Berdampingan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:45 WIB
S-Presso jadi city car terbaru Suzuki di GIIAS 2022.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
S-Presso jadi city car terbaru Suzuki di GIIAS 2022.

GridOto.com - Istilah kanibalisasi pasar atau saling 'bunuh' antara dua model dari satu merek yang sama, muncul ke permukaan seiring dengan hadirnya Suzuki S-Presso di Tanah Air.

Adapun S-Presso resmi menjadi city car terbaru Suzuki di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang mana segmen tersebut sudah lebih dulu dihuni Ignis sejak 2017 lalu.

Baik Suzuki S-Presso maupun Ignis pun dinilai memiliki kesamaan profil, mulai dari segmentasi pasar, dimensi, serta harga yang tidak terpaut jauh di rentang Rp 150 juta hingga Rp 200 juta.

Walaupun secara profil keduanya memiliki kemiripan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yakin baik Ignis maupun S-Presso bisa saling berdampingan untuk mengisi ceruk pasar yang lebih luas.

Salah satunya berkaitan dengan penempatan harga dari kedua city car berbodi kompak tersebut, yang mana konsumen akan tersaring dengan sendirinya saat memasuki tahap pembiayaan.

Sama-sama bermain di segmen mobil perkotaan dengan harga terjangkau, Suzuki yakin Ignis dan S-Presso tidak akan saling bunuh.
Trybowo Laksono
Sama-sama bermain di segmen mobil perkotaan dengan harga terjangkau, Suzuki yakin Ignis dan S-Presso tidak akan saling bunuh.

"Dalam rentang harga Rp 150 juta sampai Rp 200 juta, itu kalau di market Indonesia biasanya Price Conscious (kesadaran harga) dan sudah terjadi tingkatan mana yang mau ambil," ujar Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W SIS.

"Karena efek TDP dan anggsuran itu pasti langsung terfasilitasi. Sehingga dari hal tersebut kami yakin tidak akan kanibalisme, karena setiap segmen itu punya pasarnya masing-masing," imbuhnya kepada awak media saat berada di GIIAS 2022 belum lama ini.

Selain harga, faktor lainnya yang membuat Harold yakni Suzuki S-Presso dan Ignis bisa jalan berdampingan adalah perbedaan profil konsumen yang disasar.

Begitu juga dengan potensi bonus demografi pada masa mendatang, yang juga menjadi pertimbangan Suzuki untuk memperkuat posisi mereka di segmen mobil perkotaan dengan dimensi kompak.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa