Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jadi Empat Lajur Terus Dikebut, Ditargetkan Rapung H-10 Lebaran 2022

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 21 April 2022 | 06:00 WIB
Jasa Marga tengah mengerjakan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi empat lajur, tepatnya di Km 62 Dawuan s.d Km 50 Karawang Timur arah Jakarta.
Dok. Jasa Marga
Jasa Marga tengah mengerjakan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi empat lajur, tepatnya di Km 62 Dawuan s.d Km 50 Karawang Timur arah Jakarta.

GridOto.com - Proyek pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi empat lajur terus dikebut PT Jasa Marga (Persero), yang mana diproyeksikan rampung dan bisa difungsionalkan pada 10 hari sebelum Lebaran 2022.

Adapun titik pelebaran jalan tersebut berada di KM 62 Dawuan hingga KM 50 Karawang Timur arah Jakarta, dengan panjang pengerjaan kurang lebih 12 Km.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan pelebaran lajur saat ini melengkapi proyek yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu juga sebagai upaya peningkatan kapasitas lajur arah Jakarta, yang telah dilaksanakan sejak akhir 2021 lalu.

"Pertama yang dilakukan pada 2017 lalu, pelebaran dilakukan semula tiga lajur menjadi empat lajur di Km 67 sampai dengan Km 62," ujar Heru dalam keterangan tertulis Jasa Marga, Rabu (20/4/2022).

"Sedangkan yang kedua pada 2020 setelah Jalan Layang MBZ resmi beroperasi, dilakukan pelebaran yang semula tiga lajur menjadi lima lajur di Km 50 sampai dengan Km 48," lanjutnya.

Heru pun berharap dengan pelebaran jalan ini dapat mengurangi potensi kepadatan, untuk menampung kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang memiliki pertumbuhan volume kendaraan signifikan.

Khususnya di Simpang Susun Dawuan Km 67, yang merupakan lokasi pertemuan dua arus lalu lintas besar dari Bandung dan Transjawa menuju Jakarta.

"Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 442.087 kendaraan pada Triwulan I Tahun 2022, meningkat sebesar 8,33 persen dibanding periode yang sama 2021,"

"Untuk itulah, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas," tutur Heru lagi.

Baca Juga: Lokasi Transaksi Dipindah, Pemudik Enggak Perlu Bayar Saat Lewati Gerbang Tol Palimanan di Cipali

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa