Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lokasi Transaksi Dipindah, Pemudik Enggak Perlu Bayar Saat Lewati Gerbang Tol Palimanan di Cipali

Harun Rasyid - Rabu, 20 April 2022 | 18:40 WIB
Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)
Dok. Astra Infra
Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)

GridOto.com - Demi memperlancar arus mudik lebaran 2022, akan ada perubahan lokasi transaksi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Hal ini diungkapkan Mahbullah Nurdin, Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat konferensi pers hybrid Astra Infra.

Menurutnya, perubahan lokasi transaksi di tol Cipali dilakukan setelah pihaknya menggelar simulasi dalam rangka mencegah penumpukan kendaraan di jalur mudik.

"Selama ini masyarakat yang mau menempuh perjalanan di Cipali itu selalu transaksi atau pembayaran tolnya di Gerbang Tol Palimanan. Pada saat mudik lebaran kali ini, transaksinya dipindahkan," ujarnya Rabu (20/4/2022).

Namun bukan berarti pemudik yang lewat Jalan Tol Cipali ini akan bebas biaya, melainkan hanya lokasi transaksi saja yang dipindahkan.

"Lokasi transaksi Tol Cipali ini akan dilakukan di gerbang tol berikutnya, seperti sampai di Gerbang Tol Kalikangkung. Jadi ini dipindahkan saja, bukannya tidak bayar," ucapnya.

Lanjut menurut Nurdin, kebijakan tersebut dilakukan pemerintah demi mengurangi penumpukan antrean kendaraan saat arus mudik lebaran 2022.

Berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), animo mudik lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan yang begitu signifikan.

Sehingga pemindahan lokasi transaksi pembayaran Tol Cipali ini bisa memberi kenyamanan dan menghindari hambatan lalu lintas di jalur tersebut.

Ilustrasu jalan Tol Cipali
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Ilustrasu jalan Tol Cipali


BPJT berharap, mudik lebaran 2022 bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan transaksi di main road Gerbang Tol Palimanan.

Berikutnya yang tidak kalah penting, pengguna jalan tol diimbau menyiapkan saldo uang elektroniknya sebelum pergi mudik ke kampung halamannya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022 Bakal Lebih Ramai Dari 2019, Astra Infra Siapkan Banyak Fasilitas di Jalan Tol, Ini Detailnya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa