Jelang Mudik Lebaran 2022, Menteri PUPR Sebut Ada Tiga Prioritas Utama Perbaikan Tol Trans Sumatera

Naufal Shafly - Senin, 18 April 2022 | 16:10 WIB
Menteri PUPR saat meninjau perbaikan tol Trans Sumatera
Dok. PUPR
Menteri PUPR saat meninjau perbaikan tol Trans Sumatera

GridOto.com - Dalam rangka persiapan mudik Lebaran 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, melakukan tinjauan ke Tol Trans Sumatera, Jumat (15/4/2022).

Saat tinjauan ini, Basuki ingin memastikan perbaikan jalan tol dari Lampung hingga Palembang berjalan baik, serta dapat dilalui kendaraan dengan aman dan nyaman saat mudik Lebaran 2022.

Beberapa ruas tol yang dilakukan pemeriksaan adalah Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), dan Kayu Agung-Kramasan (38 km). 

Saat melakukan tinjauan, Basuki mengatakan terdapat tiga prioritas utama dalam perbaikan ruas tol Lampung hingga Palembang.

"Pertama, perbaikan material jalan tol karena mutu beton mengalami penurunan," ucap Basuki dalam keterangan resmi, Senin (18/4/2022).

Lalu yang kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan tersebut akan diperbaiki setelah Idul Fitri untuk menghindari kondisi jalan macet saat arus mudik Lebaran.

"Kemudian prioritas ketiga, perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton. Memang kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik, tetapi juga menjadi jalan utama masyarakat khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi di wilayah Sumatera," ujar Basuki.

Setelah melakukan pengecekan, Basuki menilai tol Trans Sumatera saat ini sudah siap menyambut arus mudik Lebaran 2022.

"Saat ini secara fungsional dari titik nol sampai km 252 sudah baik, siap untuk digunakan untuk mudik Lebaran 2022. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran ditargetkan rampung," kata Menteri Basuki.

Baca Juga: Kapolri Perkirakan 23 Gerbang Tol Ini Bakalan Macet Pada Mudik Lebaran 2022, Mana Aja Sih?

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Hutama Karya selaku pengelola ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar untuk melakukan perbaikan jelang mudik Lebaran 2022.

Saat ini perbaikan di ruas tol tersebut sudah 100 persen rampung.

Sedangkan untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung proses perbaikannya sudah rampung 90 persen.

Selain itu, ruas tol Kayu Agung-Palembang-Bentung ruas Kayu Agung-Kramasan, telah diperbaiki di beberapa titik, yakni di km 355+950 dan km 349+900.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa