Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Belajar dari Inggris dan Turki, Transjakarta Bakal Konversi Bus Bermesin Diesel Jadi Listrik

Wisnu Andebar - Rabu, 20 April 2022 | 12:05 WIB
Bus listrik Transjakarta kreasi anak bangsa di Bus World Southeast Asia JI Expo Kemayoran
Muhammad Mavellyno Vedhitya/GridOto.com
Bus listrik Transjakarta kreasi anak bangsa di Bus World Southeast Asia JI Expo Kemayoran

GridOto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan keseriusannya dalam rangka mendukung program pemerintah terkait penggunaan kendaraan listrik.

Salah satunya ialah rencana untuk melakukan konversi dari bus bermesin diesel menjadi bus listrik berbasis baterai.

"Jadi dalam rangka mempercepat komitmen negara untuk menerapkan net zero emission, tentunya adalah meningkatkan konversi pada bus diesel jadi bus listrik," kata Mochammad Yana Aditya, Direktur Utama Transjakarta dalam acara Diskusi Publik Menuju Net Zero Emission secara virtual pada Selasa (19/4/2022).

Menurut Yana, konversi dari bus bermesin diesel menjadi motor listrik saat ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa negara lainnya.

Hal itu diketahuinya saat melakukan kunjungan ke beberapa negara untuk mempelajari terkait kendaraan elektrifikasi di London, Inggris dan Istanbul, Turki.

"Kami melihat proses elektrifikasi yang ada di sana sungguh sangat luar biasa, jadi bukan hanya terkait pengadaan bus listrik tapi juga konversi dari bus diesel menjadi listrik, itu cukup banyak terjadi di Turki maupun di Inggris," bebernya.

Belajar dari sana, pihaknya berharap dapat mengikuti langkah tersebut untuk menghadirkan tranportasi yang ramah lingkungan

"Menurut saya ini peluang untuk Indonesia, kami merasa bahwa ada yang perlu disiapkan oleh pemerintah mengenai peraturan konversi ini," ucapnya.

"Tentu kami menyambut baik dan terus terang kami secara serius mempelajari mengenai elektrifikasi dari armada bus kami," pungkas Yana.

Baca Juga: Enggak Tanggung-tanggung, Transjakarta Targetkan 10.000 Bus Listrik Beroperasi pada 2030

Selain rencana untuk konversi, Transjakarta juga melakukan pengadaan bus listrik dengan target 10.047 unit dapat beroperasi pada 2030 mendatang.

Adapun realisasi pengadaan bus listrik oleh Transjakarta tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini.

Tercatat hingga saat ini Transjakarta telah memiliki 30 bus listrik yang dioperasikan sejak Februari 2022, dan ditargetkan bisa bertambah menjadi 100 unit bus listrik hingga akhir 2022.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa