Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes-Benz Kepingin Bus Listriknya Jadi Armada TransJakarta dan Trans Surabaya

Naufal Shafly - Rabu, 13 April 2022 | 16:41 WIB
Bus listrik Mercedes-Benz eCitaro
www.daimler-truck.com
Bus listrik Mercedes-Benz eCitaro

GridOto.com - Mercedes-Benz Commercial tengah menjajaki peluang untuk menjadikan produknya sebagai salah satu armada bus listrik TransJakarta.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Jung-Woo Park, dalam konferensi pers, Selasa (12/4/2022).

"Target bus listrik kami pastinya TransJakarta, sebab TransJakarta sudah siap mengimplementasikan penggunaan electric city bus saat ini," kata Jung-Woo.

Selain itu, Jung-Woo juga mengaku pihaknya tengah mengincar Trans Surabaya agar produknya dijadikan armada bus listrik mereka.

Namun rencana tersebut belum bisa terealisasi dalam waktu dekat karena PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) masih harus melakukan sejumlah persiapan.

"Kami saat ini berencana membawa prototipe ke Indonesia, kami akan mengujinya dan akan melakukan beberapa persiapan," ucapnya.

"Setelah pengujian, nantinya kami akan mulai menjualnya pada semester dua tahun depan," sambungnya.

Jika melihat line-up kendaraan Mercedes-Benz Commercial secara global, pabrikan tersebut sebenarnya telah memiliki bus listrik bernama eCitaro.

Mengutip situs Mercedes-Benz-bus.com, bus listrik Mercedes-Benz e-Citaro tipe single bus dipasarkan dalam dua versi, 2 doors dan 3 doors.

Baca Juga: Asyik Nih, Ada Bus Listrik Baru di Jakarta yang Akan Beroperasi di Rute Non-BRT Transjakarta

eCitaro versi 2-doors mampu mengakomodir 29 penumpang duduk dan 56 penumpang berdiri. Sementara, pada versi 3-doors mampu mengakomodir 26 penumpang duduk dan 57 penumpang berdiri.

Bus ini memiliki panjang bodi 12,135 meter, lebar 2,550 meter dengan wheelbase 5,9 meter serta radius putar 21,214 meter.

Pada dapur pacunya, menggunakan penggerak ZF AVE 130 dengan output tenaga maksimum 12 kW dan torsi puncak pada electric motor 2x485.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa