Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Honda Freed Keluarkan Bunyi Berdecit, Komponen Ini Jadi Biang Keroknya

Naufal Shafly - Minggu, 3 April 2022 | 15:05 WIB
Ilustrasi Honda Freed
Dok. Otomotif
Ilustrasi Honda Freed

GridOto.com – Honda Freed bekas kini harganya sudah relatif terjangkau di pasaran, yakni mulai Rp 100 jutaan tergantung kondisi masing-masing unit.

Buat sobat yang ingin memboyong Honda Freed bekas, ada baiknya waspadai bunyi berdecit yang biasanya muncul saat mobil melaju di kecepatan sekitar 40 km/jam.

Menurut Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Depok, bunyi berdecit tersebut disebabkan oleh masalah di bagian rem anti-lock braking system (ABS).

“Biasanya masalah motor ABS itu karena jarang ganti minyak rem, jadi motor atau modul ABS-nya kotor," ucap Tri saat ditemui GridOto.com, Sabtu (3/4/2022).

"Ciri-ciri modul ABS yang bermasalah, ketika lari di kecepatan 40 km/jam itu motor ABS-nya keluar bunyi seperti van belt yang aus,” lanjutnya.

Di bengkel miliknya yang berlokasi di Jl. Raya Muchtar No.86, Sawangan, Depok ini, perbaikan masalah ABS Honda Freed tersebut dibanderol Rp 1,5 juta.

“Kalau masalah ABS ini bisa diperbaiki atau diservis, kami bongkar motor ABS-nya dan kami bersihkan komponen-komponen di dalamnya. Estimasi biaya perbaikannya Rp 1,5 juta garansi satu tahun,” tukasnya.

Meski masalah ini tidak sampai menyebabkan indikator ABS di panel instrumen menyala, tapi bunyi ini cukup mengganggu kenyamanan pengemudi.

Oleh sebab itu, disarankan bagi pemilik Honda Freed untuk mengganti minyak rem mobilnya secara berkala tiap kelipatan 20.000 km.

Baca Juga: Seken Keren - Tertarik Beli Honda Freed Bekas untuk Mudik Lebaran? Jangan Lupa Cek Bagian Ini

Tri juga menjelaskan, di bengkel miliknya penggantian minyak rem Honda Freed biasanya menggunakan minyak rem DOT 3.

“Kalau di sini, minyak remnya pakai merek Honda DOT 3, per liternya sekitar Rp 30 ribu per botol, pakai 3 botol, ditambah biaya jasa Rp 200 ribu" papar Tri lagi.

"Jadi totalnya sekitar Rp 290 ribu, sudah termasuk pengecekan dan pembersihan,” tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa