Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Arus Balik Libur Isra Mikraj 2022, Ratusan Ribu Kendaraan Tercatat Kembali ke Jabodetabek Via Tol

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 1 Maret 2022 | 20:12 WIB
Ratusan ribu kendaraan tercatat kembali ke Jabodetabek Via Tol selama arus balik libur Isra Mikraj 2022.
Dok. Jasa Marga
Ratusan ribu kendaraan tercatat kembali ke Jabodetabek Via Tol selama arus balik libur Isra Mikraj 2022.

GridOto.com - Selama arus balik libur Isra Mikraj 2022, PT Jasa Marga (Persero) mencatat kenaikan volume lalu lintas (lalin) yang kembali ke wilayah Jabodetabek via tol.

Terhitung dari tanggal 27 hingga 28 Februari 2022 kemarin, sebanyak 333.137 kendaraan terpantau kembali ke Jabodetabek melalui empat tol (GT) barier atau utama.

Di antaranya GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Terjadi kenaikan volume lalu lintas hingga 24,62 persen, jika dibandingkan saat periode normal Februari 2022 dengan total 267.313 kendaraan," ujar Dwimanwan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan resminya, Selasa (1/3/2022).

Lebih lanjut, Heru juga menjelaskan bahwa mayoritas kendaraan yang balik ke wilayah Jabodetabek berasal dari arah Timur atau Tol Trans Jawa dan Bandung.

Dengan rincian sebanyak 86.588 kendaraan melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, naik sebesar 36,84 persen dari lalin normal.

Sementara untuk arus balik ke Jabodetabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama sebanyak 83.098 kendaraan, naik 38,31 persen dari lalin normal.

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 169.686 kendaraan, naik sebesar 37,55 persen dari lalin normal," tutur Heru lagi.

Kemudian lalu lintas yang menuju Jabodetabek dari arah Merak melalui GT Cikupa sebanyak 76.537 kendaraan, terjadi kenaikan sebesar 4,04 persen dari lalin normal.

Baca Juga: Ratusan Ribu Kendaraan Terpantau Tinggalkan Jabodetabek, Volume Lalu Lintas di Tol Meningkat Jelang Libur Isra Mikraj

Sedangkan arus balik menuju Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 86.914 kendaraan.

"Terjadi penurunan sebesar 7,3 persen dari lalin normal," pungkas Heru.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa