Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ruas Tol Danowudu-Bitung Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Akhirnya Tersambung Penuh

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 25 Februari 2022 | 18:35 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung.
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung.

GridOto.com - Ruas Tol Danowudu-Bitung seksi 2B yang belum lama ini dituntaskan pembangunannya, resmi beroperasi dan sudah bisa diakses oleh masyarakat di Sulawesi Utara.

Adapun Ruas Danowudu-Bitung merupakan seksi terakhir dari jalan tol pertama di Bumi Nyiur Melambai, melengkapi Ruas Manado-Danowudu yang telah beroperasi sejak September 2020 lalu.

Bahkan peresmian ruas tol sepanjang 13,4 Km tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Bitung, pada Jumat (25/2/2022) hari ini.

Peresmian ini juga menandai Jalan Tol Manado-Bitung telah terhubung secara penuh, dengan total panjang 39,8 km.

"Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 Km tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulawesi Utara," ujar Presiden Jokowi dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (25/2/2022).

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung di Gerbang Tol (GT) Bitung, Bitung, Sulawesi Utara (25/02).
Dok. Jasa Marga
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung di Gerbang Tol (GT) Bitung, Bitung, Sulawesi Utara (25/02).

Presiden Jokowi pun berharap pengiriman logistik serta mobilitas masyarakat jadi semakin mudah, dengan waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang terpangkas jauh dari biasanya.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung secara penuh, diharapkan juga bisa memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya sekitar 1,5-2 jam, sekarang sekitar 35 menit," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung, Charles Lendra, yang mana Jalan Tol Manado-Bitung diharapkan dapat mempermudah akses menuju kawasan vital di antara dua kota tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa