Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Tuntaskan Pembangunan Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung, Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 21 Februari 2022 | 20:45 WIB
Jasa Marga Tuntaskan Pembangunan Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung, Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh.
Dok. Jasa Marga
Jasa Marga Tuntaskan Pembangunan Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung, Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh.

GridOto.com - Pembangunan tahap akhir dari Jalan Tol Manado-Bitung yakni Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung, telah dituntaskan PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) selaku pengelola.

Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung melengkapi tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 Km, yang sudah lebih dulu dioperasikan pada 2020 lalu.

Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 Km ini, maka Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya.

"Progres konstruksi untuk seksi 2B sendiri telah mencapai 100 persen, Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada awal Januari 2022 dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR," ujar Charles Lendra, Direktur Utama JMB dalam siaran resmi Jasa Marga, Senin (21/2/2022).

Charles pun berharap arus pergerakan barang dan mobilitas masyarakat di wilayah Sulawesi Utara bisa semakin cepat, dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung.

"Terlebih ini dapat menjadi harapan baru bagi percepatan penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, karena pada dasarnya kelayakan Jalan Tol Manado-Bitung juga bergantung pada perkembangan Kawasan sekitar," tutur Charles lagi.

Gerbang Tol Bitung
Dok. Jasa Marga

Akan ada satu gerbang tol (GT) baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Manado-Bitung ketika beroperasi nanti, yaitu GT Bitung.

Adapun GT Bitung ini terkoneksi dengan Jalan Ir. Soekarno, yang merupakan akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung.

"Selain itu, penambahan Gerbang Tol Bitung diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat ke berbagai lokasi strategis dan destinasi wisata di Sulawesi Utara," papar Charles.

Baca Juga: Jalan Tol Manado-Bitung Hampir Selesai, Eh Muncul Masalah dari Para Pemilik Lahan

Lebih lanjut, Charles juga mengungkapkan Jalan Tol Manado-Bitung dapat memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan dari Manado menuju Bitung maupun sebaliknya.

Sehingga jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini menciptakan efisiensi mobilitas masyarakat barang maupun barang.

"Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa