Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai Keliru, Ternyata Ini Alasan Kenapa Motor Trail Identik Pakai Pelek Jari-jari

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 6 Februari 2022 | 10:48 WIB
Honda CRF150L
Dok GridOto.com
Honda CRF150L

GridOto.com - Sebagian besar motor yang dijual di Tanah Air kini sudah menggunakan pelek cast wheel atau racing dari pabrikan.

Namun, pelek model jari-jari juga masih dibutuhkan salah satunya untuk motor trail seperti Honda CRF150L atau Yamaha WR 155 R.

Tentunya bukan tanpa alasan motor trail menggunakan pelek jari-jari dibanding dengan pakai pelek racing dari pabrikan.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), pelek jari-jari dipilih untuk motor trail karena sangat berpengaruh rasa berkendara saat dipakai off road.

"Untuk motor trail seperti CRF150 maupun CRF250 itu konsepnya on road dan off road. Di off road biasanya motor ini didesain untuk menerjang lubang kemudian jumping ya," ujar Endro kepada GridOto.com belum lama ini.

Sehingga dengan karakter pelek jari-jari yang lebih kuat dan fleksibel dapat meredam guncangan saat dipakai di jalur off road.

Berbeda dengan pelek racing yang karakternya lebih kaku dan berat, sehingga kurang nyaman saat digunakan di trek yang tidak rata.

"Makanya menggunakan pelek jari-jari karena lebih lentur atau fleksibel, mampu meredam waktu benturan dan lebih ringan dibanding pelek cast wheel," jelas Endro.

Honda CRF150L
Rizky/otomotifnet.com
Honda CRF150L

Baca Juga: Angsuran Mulai Rp 700 Ribuan, Berikut Simulasi Kredit Kawasaki KLX150 Per Februari 2022

Kendati demikian, Endro menjelaskan pelek jari-jari juga memiliki kekurangan seperti tidak bisa menggunakan ban tubeless.

Untuk itu, motor trail biasanya menggunakan rim lock atau stopper yang fungsinya mengunci rim pelek dengan ban dalam dan ban luar saat tekanan ban berkurang atau saat ban kempis.

"Harus pakai ban dalam, prinsipnya pada ban motor trail menggunakan rim lock, jadi saat digunakan meski kempis tidak mengganggu ban dalamnya," tutupnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa