Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemula Ingin Coba Off-Road Atau Trabasan, Jangan Langsung Masuk Jalur, Lakukan Latihan Ini Dulu

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 19 Januari 2022 | 10:55 WIB
Yamaha Off-Road School Experience, ajak pesertanya asah skill off-road pakai WR 155 R, biar makin pede saat trabasan!
Dok. Yamaha
Yamaha Off-Road School Experience, ajak pesertanya asah skill off-road pakai WR 155 R, biar makin pede saat trabasan!

GridOto.com - Melakukan olahraga ekstrem seperti trabasan di jalur off-road dengan motor trail bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dilakukan di akhir pekan.

Apalagi saat trabasan jalur yang dilewati cukup beragam mulai dari masuk ke hutan, tanjakan dan turunan yang curam, hingga melewati jalanan berlumpur dan bebatuan.

Mengingat jalur yang dilewati cukup beragam, bagi pemula yang ingin mencoba trabasan apakah boleh langsung masuk ke jalur?

Muhammad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) menyarankan, bagi pemula lebih baik kuasai basic dan karakter motor terlebih dahulu sebelum masuk ke jalur.

"Sebenarnya kalau pemula banget, pertama bagusnya belajar basic di lapangan tanah kosong. Latihan dasar seperti posisi berkendara, cara pengereman, uphill, downhill dan menyeimbangkan motor," ujar Arief kepada wartawan di Hambalang, Bogor belum lama ini.

PT Yamaha Indonesia Motor Mfg mengadakan kegiatan trabasan menggunakan Yamaha WR 155R di Bukit Hambalang, Bogor.
Dok. Yamaha
PT Yamaha Indonesia Motor Mfg mengadakan kegiatan trabasan menggunakan Yamaha WR 155R di Bukit Hambalang, Bogor.
Arief melanjutkan, bila sudah lancar dan ingin masuk ke jalur trabasan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti gunakan safety gear yang lengkap.

"Masuk di jalur safety gear harus lengkap pakai helm pemasangan yang benar. Kemudian sebisa mungkin pakai protektor dada, di jalur itu ada batu, sama protektor leher kalau jatuh leher kita tidak karena menahan helm." jelas Arief.

Kemudian, Arief menambahkan gunakan sepatu khusus untuk off-road agar melindungi kaki secara sempurna dan hindari trabasan sendirian.

Baca Juga: Trabasan Bawa Boncengan Mending Dihindari, Bukan Soal Motornya Enggak Kuat, Tapi Ada Alasan Ini

"Sebisa mungkin bareng teman yang sudah biasa main di jalur, jadi kita bisa mengikuti jalur mereka dan bisa mencontoh untuk belajar," sambungnya.

Selain itu, jika ada teman terabasan sangat membantu saat pengendara terjatuh, karena pengendara yang jatuh tidak bisa menaikan motor sendirian.

"Kalau jatuh jangan berusaha untuk berdiriin motor, karena orang jatuh ini groginya masih tinggi. Jangankan motor yang berat, berdiriin motor yang ringan pun tidak kuat," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa