Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Kisah Kim Gwang-ho, Insinyur Hyundai yang Rela Dipecat Demi Selamatkan Para Konsumennya

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 16 November 2021 | 12:32 WIB
Kim Gwang-ho, mantan insinyur Hyundai yang dipecat gara-gara ungkap aib perusahaannya demi keselamatan para konsumennya.
Reuters.com
Kim Gwang-ho, mantan insinyur Hyundai yang dipecat gara-gara ungkap aib perusahaannya demi keselamatan para konsumennya.

GridOto.com - Faktor keselamatan pengemudi dan penumpang dalam mobil sudah jadi hal yang wajib untuk diperhatikan oleh produsen mobil mana pun.

Bahkan, hal ini juga sangat dipahami oleh mantan Insinyur Hyundai Motor Company, Kim Gwang-ho.

Sayangnya, demi memperjuangkan keselamatan para konsumen Hyundai dan anak perusahaannya, KIA Motor, Kim Gwang-ho harus menelan pil yang sangat pahit.

Melansir dari Insider.com, ceritanya bermula ketika Kim menemukan adanya kecacatan desain dari mesin Theta II yang digunakan pada beberapa model mobil Hyundai dan KIA.

Mantan insinyur Hyundai, Kim Gwang-ho
Reuters.com
Mantan insinyur Hyundai, Kim Gwang-ho

Dari temuannya diketahui kalau cacat desain pada mesin Theta II bisa menyebabkan mobil-mobil bikinan dua pabrikan asal Korea Selatan itu mengalami kebakaran.

Mengetahui hal ini, tentu saja Kim langsung melaporkannya ke beberapa pihak yang ada di Hyundai Motor Company.

Sayangnya, pihak Hyundai Motor Company seperti acuh pada masalah tersebut dan tidak segerta melakukan recall pada beberapa model mobil Hyundai dan KIA yang mengunakan mesin Theta II.

Gara-gara hal ini, Kim Gwang-ho pun merasa tidak puas dan langsung mengirimkan laporan ke otoritas pengawasan kualitas produk di Korea Selatan dan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) pada 2016 silam.

"Padahal di Hyundai kami selalu mengulang kata 'kualitas adalah kebanggaan kami'. Atas dasar itu saya melaporkan masalah mesin Theta II agar Hyundai dan KIA tetap memegang janjinya ini," papar Kim, dikutip dari Insider.com.

Baca Juga: Sudah Bagus Dari Lahir, Ini Spek Audio Bose yang Dipakai Hyundai Creta

Editor : Hendra
Sumber : insider.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa