Solar Bersubsidi Disebut Makin Langka di Jalur Pantura Semarang Sampai Probolinggo, Aptrindo Minta Jangan Ada Penimbunan

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:35 WIB
Bahan bakar biosolar
Bahan bakar biosolar

GridOto.com - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina jenis Biosolar makin terasa bagi para sopir truk dan bus yang melintasi Jalur Pantura.

Kabar terbaru mengenai kelangkaan solar bersubsidi telah merambah hingga Tol Trans Jawa dari Semarang sampai Probolinggo. Fenomena ini terekam dalam unggahan video dan viral di media sosial.

Akibat kelangkaan solar bersubsidi ini, berdampak pada terjadinya antrean panjang truk-truk yang membutuhkan bahan bakar, sehingga arus distribusi logistik di berbagai daerah mulai terhambat.

Apalagi kasus yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatera menyebabkan antrean hingga berhari-hari lamanya.

Vice President Corporate Communication PertaminaFajriyah Usman mengatakan, hal ini disebabkan meningkatnya permintaan BBM jenis tersebut.

"Antrean yang sempat terjadi di beberapa SPBU ini memang dikarenakan terjadinya lonjakan demand yang signifikan," ucap Fajriyah yang dikutip GridOto.com dari Tribunnews.

Fajriyah menuturkan, untuk info terbarunya di Sumatera Utara, antrean produk biosolar sudah berangsur baik dan normal.

"Sekarang Alhamdulillah kalau dilihat secara riil di lapangan, antrean sudah mencair dan antrean sudah bersifat normal," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi & Logistik DPD Aptrindo Jateng & DIY, Agus Pratiknyo mengatakan untuk truk-truk antar kota antar propinsi (AKAP) kelangkaan biosolar seperti tentu saja sangat menyulitkan, karena terpaksa harus sering-sering mengantre dan membuang waktu dalam perjalanannya.

Agus pun mengusulkan agar Pertamina memperketat pengawasan di seluruh SPBU yang dikelola agar tidak terjadi lagi praktik penimbunan BBM bersubsidi.

Baca Juga: Siapa Bilang Truk Tangki Pertamina Cuma Angkut Satu Jenis BBM, Nyatanya Bisa Bawa Lebih


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa