Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mulai Terasa Langka, Pertamina Tambah Pasokan Solar ke Beberapa Wilayah Ini

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:26 WIB
Ilustrasi SPBU
Tribun Medan/Fatah Baginda Gorby
Ilustrasi SPBU

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) memastikan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) terpenuhi seiring turunnya level PPKM dan mulai pulihnya kegiatan perekonomian masyarakat.

Pertamina mencatat peningkatan konsumsi untuk gasoil didominasi oleh solar subsidi, dimana konsumsi pada semester I 2021 tercatat 37.813 kiloliter/bulan dan terus meningkat mencapai 44.439 kiloliter pada September 2021 atau naik sekitar 17 persen.

Kemudian di sektor gasoline, peningkatan mencolok terjadi di Pertamax, dimana pada periode Semester I 2021 sebesar 12.586 kiloliter/bulan dan terus merangkak naik hingga mencapai kenaikan 49 persen di bulan September sebesar 18.840 Kiloliter.

Fajriyah Usman selaku Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina mengatakan saat ini stok BBM Pertamina dalam kondisi cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap diimbau membeli BBM sesuai kebutuhan.

"Stok untuk produk yang meningkat signifikan yaitu solar mencapai 17 hari dan Pertamax mencapai 18 hari. Pengiriman dari terminal BBM juga terus dilakukan setiap hari ke seluruh SPBU dan kilang juga terus berproduksi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Fajriyah dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (19/10/2021).

Fajriyah menjelaskan khusus untuk solar, Pertamina melakukan penambahan volume penyaluran ke beberapa wilayah yang mengalami peningkatan konsumsi secara signifikan seperti Sumatera Barat 10 persen, Riau 15 persen dan Sumatera Utara 3,5 persen.

"Mengingat solar adalah BBM bersubsidi, kami sangat cermat dalam melakukan penambahan penyaluran agar bisa tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oknum-oknum tertentu," ucap Fajriyah.

Lebih lanjut, selain penambahan penyaluran di wilayah yang mengalami peningkatan signifikan, Pertamina telah koordinasi dengan BPH Migas untuk fleksibelitas pengalihan kuota BBM subsidi ke wilayah yang realisasinya masih di bawah target ke wilayah lain yang berpotensi over kuota.

Baca Juga: Kelangkaan Solar Bikin Awak Bus di Probolinggo Pusing, Jadwal Perjalanan Berantakan

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa