Siapa Bilang Truk Tangki Pertamina Cuma Angkut Satu Jenis BBM, Nyatanya Bisa Bawa Lebih

Wisnu Andebar - Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Ilustrasi truk tangki bbm (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Truk tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) berfungsi sebagai alat transportasi dalam menjaga kestabilan distribusi di tiap wilayah.

Supaya lebih efisien, truk yang memiliki beragam ukuran ini ternyata tidak hanya membawa satu jenis BBM, melainkan bisa lebih.

Heppy Wulansari, Pjs VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), mengatakan truk tangki didesain dengan beberapa kompartemen di dalamnya.

"Setiap kompartemen memiliki kapasitas 8.000 liter," kata wanita yang akrab disapa Heppy kepada GridOto.com belum lama ini.

Ia menjelaskan, kapasitas mobil tangki pun memiliki ukuran yang cukup beragam, mulai dari yang 8.000 liter hingga 32.000 liter.

"Untuk mobil tangki dengan kapasitas 8.000 liter hanya dapat membawa satu jenis BBM saja," imbuhnya.

"Tapi untuk mobil tangki kapasitas 16.000, 18.000, 24.000, dan 32.000 liter terdapat kompartemen yang bisa diisi beberapa macam jenis BBM," sambung Heppy.

Sebagai informasi, bensin yang dijual oleh Pertamina ada Premium yang memiliki nilai oktan 88, Pertalite 90, Pertamax 92 dan Pertamax Turbo 98.

Baca Juga: Mulai Terasa Langka, Pertamina Pastikan Solar Tersalurkan Sesuai Ketentuan Pemerintah

Sementara untuk BBM jenis diesel alias solar ada Pertamina Dex dengan nilai cetane 53, kemudian Dexlite 52 dan Bio Solar 48.

"Dengan adanya kompartemen di truk tangki BBM Pertamina, distribusi dapat lebih optimal dan efisien karena dapat membawa lebih dari satu jenis BBM," pungkasnya.