Sah, Insentif PPnBM 100 Persen Mobil Baru Resmi Diperpanjang Hingga Desember 2021

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 17 September 2021 | 10:02 WIB
Masuki relaksasi PPnBM mobil baru jilid dua, Honda prediksi adanya penurunan permintaan mobil baru dari konsumen.
Harun/GridOto.com
Masuki relaksasi PPnBM mobil baru jilid dua, Honda prediksi adanya penurunan permintaan mobil baru dari konsumen.

GridOto.com - Pemerintah akhirnya kembali memperpanjang insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil baru sebesar 100 persen hingga akhir tahun 2021.

Adapun keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) baru Nomor 120/PMK 010/2021, yaitu besaran insentif PPnBM 100 persen yang semula diberikan Maret sampai Agustus saja diperpanjang menjadi hingga Desember 2021.

Febrio Kacaribu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengatakan perbaikan kondisi pandemi Covid-19 ini menjadi momentum dalam melanjutkan laju pemulihan ekonomi.

Sehingga pemerintah terus memperkuat dengan dukungan dan stimulus yang selama ini telah direspon positif oleh masyarakat serta dunia usaha.

"Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19 sehingga diharapkan terus dimanfaatkan," ujar Febrio Kacaribu dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Jumat (17/09/2021).

Lebih lanjut, dalam PMK baru dijelaskan perpanjangan insentif PPnBM 100 persen dilakukan untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc.

Sedangkan PPnBM 50 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x2 dengan kapasitas mesin lebih dari 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Serta PPnBM 25 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x4 dengan kapasitas mesin lebih dari 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Baca Juga: Perluasan Insentif PPnBM Bikin Penjualan Toyota Kijang Innova Moncer, Segini Peningkatannya


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa