Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Resmi Dibuka, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Masih Punya Masalah yang Belum Selesai

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:50 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda
Jasa Marga
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

GridOto.com - Ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (Balikpapan-Samboja),  dan Seksi 5 (Balikpapan-Sepinggan), Kalimantan Timur, sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Selasa (24/05/2021) lalu.

Dengan diresmikannya dua seksi ini, maka lengkap sudah pembangunan jalan tol pertama yang ada di Pulau Kalimantan itu.

Meski demikian, ternyata masih ada masalah yang belum terselesaikan, khususnya di kawasan Hutan Lindung Sungai Manggar (HLSM) wilayah Seksi 1.

Lebih rincinya, masalahnya terkait proses ganti rugi sebanyak 39 bidang lahan di Seksi 1 yang hingga sekarang belum terlesaikan.

"Memang jalan tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 yang telah diresmikan masih menyisakan persoalan," jelas Walikota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, dikutip dari Tribunkaltim.co.

Ia menambahkan, pihak-pihak terkait sekarang sedang mengusahakan untuk menyelesaikan masalah ini dan ditargetkan selesaii pada 2021.

"Juli 2021 kemarin seluruh pihak terkait mengikuti rapat yang difasilitasi KSP (kantor Staf Presiden) dan menghasilkan usulan (terkait penyelesaian masalah di Seksi 1)," kata Rahmad.

Adapun usulannya yakni melakukan mekanisme Inventarisasai dan Verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan (Inver PPTPKH).

Baca Juga: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Resmi Dibuka, Gratis Sampai Dua Minggu

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunKaltim.co

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa