Hingga H+2 Lebaran, 386.770 Kendaraan Melintas di Tol Cipali Selama Larangan Mudik

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 16 Mei 2021 | 14:45 WIB
Kondisi GT Palimanan Tol Cipali pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.
Tribunjabar.id/Ahmad Imam Baehaqi
Kondisi GT Palimanan Tol Cipali pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

GridOto.com - Pemerintah secara resmi melarang semua kalangan untuk mudik lebaran tahun ini, terhitung mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Kebijakan ini diterapkan guna mencegah penularan Covid-19, yang kerap melonjak setelah masa libur panjang.

Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali mengatakan, kebijakan tersebut membuat jumlah kendaraan yang melintas di tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami penurunan 32 persen jika dibandingkan dengan arus lalu lintas normal.

"Selama pembatasan mudik lebaran 2021, tercatat total kendaraan yang melintas di ruas tol Cipali sejak H-10 hingga H+2 lebaran sebesar 386.770 kendaraan dengan rata-rata jumlah kendaraan yang melintas setiap harinya sebanyak 32 ribu kendaraan," ujar Agung dalam keterangan resminya yang diterima GridOto.com, Minggu (16/05/2021).

Baca Juga: H+1 Lebaran 2021, Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Tol Cipali Terpantau Sepi

Hal ini terbukti dengan lengangnya lalu lintas di ruas tol Cipali, yang didominasi oleh kendaraan logistik sejak diberlakukannya kebijakan tersebut.

Agung mengungkapkan, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan meski ada larangan mudik.

"Berbagai upaya telah dilakukan Astra Tol Cipali dalam memberikan pelayanan, seperti pemasangan CCTV setiap 1 km sepanjang ruas Tol Cipali, pemasangan pagar pengaman wire rope sepanjang ruas tol," terang Agung.

Kendati kondisi lalu lintas di ruas Tol Cipali terpantau lenggang, Agung mengimbau kepada pengguna jalan untuk tertib dan mematuhi rambu-rambu yang terpasang.

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik Lebaran 2021, Trafik Tol Cipali Naik Jadi 60 Ribu Kendaraan Akhir Pekan Lalu

Selalu cek saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol, serta pastikan kendaraan dan tubuh pengemudi dalam kondisi prima.

"Demi kenyamanan bertransaksi, pastikan saldo uang elektronuk selalu terisi cukup sebelum melakukan perjalanan. Selalu gunakan uang elektronik yang sama di gerbang masuk dan gerbang keluar di ruas tol Cipali," papar Agung lagi.

"Apabila lelah dan mengantuk segera beristirahat di rest area yang tersedia di sepanjang tol Cipali," pungkasnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa