Jasa Marga dan BASARNAS Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Kecelakaan di Jalan Tol dengan Helikopter

Naufal Shafly - Senin, 10 Mei 2021 | 20:20 WIB
Simulasi penyelamatan korban kecelakaan dengan menggunakan Helikopter
Istimewa
Simulasi penyelamatan korban kecelakaan dengan menggunakan Helikopter

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) menggelar simulasi penyelamatan khusus kecelakaan di jalan tol, Senin (10/5/2021).

Berbeda dari simulasi biasanya, kali ini Jasa Marga bersama BASARNAS mensimulasikan pertolongan korban kecelakaan dengan menggunakan helikopter.

Kegiatan simulasi ini diadakan di dua lokasi, yakni Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) Km 40B, dan Jalan Tol Jagorawi Km 19B.

Simulasi ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Baca Juga: Siap-siap Macet, Ada Pekerjaan Crossing Drainase Akses Masuk Baros 1 Ruas Tol Padaleunyi

Serta hadir pula Kepala BASARNAS Marsdya TNI Henri Alfiandi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae dan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur.

Latihan penanganan kecelakaan ini dilakukan secara berkesinambungan, dimulai dari adanya laporan pengguna jalan, koordinasi petugas-petugas terkait baik itu petugas Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) maupun di lapangan.

Simulasi menitikberatkan pada evakuasi kecelakaan dengan korban luka berat, yang berada di lokasi sulit terjangkau serta dibutuhkan penanganan cepat.

Dalam kegiatan ini, disimulasikan bahwa petugas JMTC mendapatkan laporan penanganan di lapangan, lalu petugas JMTC meneruskan permohonan bantuan rescue udara kepada BASARNAS.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa