Jelang Larangan Mudik Lebaran 2021, Jasa Marga Catatkan Penurunan Jumlah Kendaraan yang Meninggalkan Jabodetabek Via Tol

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 3 Mei 2021 | 20:20 WIB
Ilustrasi. Kondisi di Gerbang Tol Cikampek Utama 2.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi. Kondisi di Gerbang Tol Cikampek Utama 2.

GridOto.com - Jelang masa larangan mudik Idul Fitri 1442 H pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021, PT Jasa Marga (Persero) mengumumkan terjadinya penurunan arus lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabodetabek.

Jasa Marga mencatat, sebanyak 387.383 kendaraan meninggalkan wilayah tersebut selama akhir pekan kemarin, atau tepatnya pada Jumat (30/4/2021) hingga Minggu (2/5/2021).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 10 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam siaran resminya, Senin (3/5/2021).

"Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur)," imbuhnya.

Baca Juga: Penumpang Bus di Terminal Wates Kulon Progo Sepi, Efek Larangan Mudik Lebaran? 

Untuk distribusi arus lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek, sebagian besar menunju ke arah Timur atau GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama dengan total 181.026 kendaraan.

Jika diuraikan, sebanyak 99.095 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju GT Cikampek Utama atau naik sebesar 1,3 persen dari lalin normal.

Sedangkan 81.931 kendaraan lainnya menuju GT Kalihurip Utama, terjadi penurunan sebesar 18,1 persen dari lalin normal.

Lebih lanjut, untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 118.983 kendaraan selama akhir pekan kemarin.

"Turun 7,7 persen dari lalin normal," tutur Heru lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa