Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Jalani Uji Coba Kedua, Top Speed Motor Listrik BL-SEV01 Besutan Universitas Budi Luhur Meningkat Jadi Segini

Wisnu Andebar - Rabu, 21 April 2021 | 11:34 WIB
Motor Listrik BL-SEV01 Universitas Budi Luhur jalani uji coba kedua.
Istimewa
Motor Listrik BL-SEV01 Universitas Budi Luhur jalani uji coba kedua.

GridOto.com - Universitas Budi Luhur melakukan uji coba kedua terhadap motor listrik buatannya, yakni Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (13/4/2021).

Pengujian ini dilakukan guna memaksimalkan performa BL-SEV01 yang pada uji coba pertama sempat menemui kendala.

Sujono, selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur mengakui pihaknya masih belum puas di sejumlah sektor usai menjalani uji coba pertama.

Sejumlah komponen pada motor sport listrik yang resmi diperkenalkan pada Januari 2021 kemarin ini pun mengalami penyesuaian, meliputi kaki-kaki seperti gear set, suspensi, ban, dan swing arm.

Baca Juga: Motor Listrik BL-SEV01 Karya Universitas Budi Luhur Jalani Uji Coba di Sirkuit Sentul, Begini Hasilnya

"Pengetesan pertama BL-SEVO1 mengalami kendala di bagian kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang besar," kata Sujono dalam keterangan resmi, Rabu (20/4/2021).

"Untuk itu, BL-SEV01 kembali kami riset di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk disempurnakan selama dua bulan Lebih," sambungnya.

Uji coba kedua ini kembali dilakukan oleh pembalap profesional sekaligus alumni Universitas Budi Luhur M. Galih Aji Prakoso, dengan menggeber BL-SEV01 selama 10 putaran.

“Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik ini lebih mumpuni di test ride kedua. Handling meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah," ungkap Galih.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa