Kata Atenk Katros Soal Motor Lisrik BL-SEV01 yang Diperkenalkan Oleh Universitas Budi Luhur

Wisnu Andebar - Kamis, 14 Januari 2021 | 20:20 WIB
Motor Lisrik BL-SEV01 dari Universitas Budi Luhur
Istimewa
Motor Lisrik BL-SEV01 dari Universitas Budi Luhur

GridOto.com - Andi Akbar atau lebih dikenal Atenk Katros, menjadi modifikator yang terlibat dalam pembuatan motor listrik BL-SEV01 yang diperkenalkan oleh Universitas Budi Luhur, Kamis (14/1/2021).

Selain Atenk Katros, Universitas Budi Luhur juga menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam menciptakan motor listrik bergaya cafe racer tersebut.

Owner dari bengkel Katros Garage ini pun membeberkan apa saja yang menjadi tantangan terbesar selama membangun motor listrik BL-SEV01.

"Jujur saja Katros Garage jarang menerima sebuah project yang basicnya motor listrik. Kebanyakan yang kami buat beberapa tahun belakangan ini memang mesin konvensional," buka Atenk dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Kandungan Lokal Motor Listrik BL-SEV01 Karya Universitas Budi Luhur Diklaim Capai 80 Persen

Ia mengungkapkan, untuk membuat sebuah motor listrik merupakan sesuatu hal yang baru, terlebih motor listrik ini dibuat dari nol dan bukan custom atau modifikasi.

"Jadi mulai bikin sasis, bodi, dan kaki-kaki itu memang bagian yang sulit. Jadi bisa dibilang semua pembuatan motor ini enggak ada yang gampang," ucapnya.

Atenk menceritakan, ia sempat melakukan diskusi dengan pihak Universitas Budi Luhur untuk menentukan desain yang akan digunakan pada motor listrik tersebut.

"Jadi untuk konsep desain kami diskusi, yang dipilih motor sport dengan tampilan futuristik. Motor ini merepresentasikan era sekarang yang digital dan modern," pungkas Atenk.

Baca Juga: Universitas Budi Luhur Ciptakan Motor Listrik BL-SEV01, Performa Setara Mesin 300 cc

Sebagai informasi, BL-SEV01 dibekali motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Alhasil, motor listrik ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai penuh, dengan waktu pengisian baterai sekitar 4 jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif.

Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa