Seken Keren: Panduan Perawatan Berkala Chevrolet Orlando, Pemilik Enggak Perlu Servis Besar

Naufal Shafly - Minggu, 28 Februari 2021 | 20:45 WIB
Ilustrasi Chevrolet Orlando
Driving.ca
Ilustrasi Chevrolet Orlando

GridOto.com - Selayaknya mobil pada umumnya, Chevrolet Orlando harus dirawat secara berkala agar performanya tetap apik.

Menurut Indra Budi Setiawan, owner bengkel spesialis Chevrolet Auri, pemilik Orlando disarankan untuk melakukan servis berkala ke bengkel spesialis ataupun ke mekanik yang memang paham betul soal mobil asal Amerika Serikat ini.

"Karena terkadang saat di-scan dengan komputer, ada data hasil analisa data trouble count (DTC) beda dengan masalahnya, jadi discan rusak di bagian ini, tapi rusaknya di part lain," ucapnya.

Untuk perawatan berkala, Indra menyebut ganti oli mesin dilakukan setiap kelipatan 5.000 km.

Baca Juga: Seken Keren: Waspada Bagian Chevrolet Orlando Ini Banyak Diakali Penjual Nakal, Bengkel Spesialis Kasih Panduan Pembelian

"Spek olinya pakai SAE 5W-30, bisa merek Q8, Total, GM. Tapi disarankan jangan pakai oli kayak mobil Jepang lah. Karena pada dasarnya semua oli itu bagus, tapi beda speknya jika untuk mobil Amerika," kata Indra.

"Tapi mau oli sebagus apapun, bagusnya ganti di kelipatan 5.000 km. Karena kalau 10.000 km, sudah banyak kendala dan sudah terlalu lama juga, gak bagus untuk mesin," sambungnya.

Ilustrasi mesin Chevrolet Orlando
Tribunnews.com
Ilustrasi mesin Chevrolet Orlando


Sedangkan, untuk tune-up atau servis ringan, Indra menyarankan dilakukan tiap kelipatan 20.000 km atau setelah empat kali ganti oli mesin.

"Pengerjaannya, kami bersihkan filter udara, cek sirkulasi udara, pendingin, motor fan, cek box sikring, purging injector atau bersihkan injector tanpa pembongkaran," tukasnya.

Baca Juga: Seken Keren: Cara Merawat Transmisi Matic Chevrolet Orlando, Segini Biayanya di Bengkel Spesialis

Pria yang sudah sekitar 23 tahun memegang brand Chevrolet ini berujar, jasa tune-up di bengkel miliknya dibanderol sekitar Rp 250 ribu.

"Tune-up plus scan Rp 250 ribu. Itu di luar part yang harus diganti. Tapi konsumen bebas kok mau bawa part sendiri juga boleh," ucapnya.

Indra menambahkan, Chevrolet Orlando tak perlu melakukan servis besar.

Sebab, jika konsumen rutin melakukan servis berkala sesuai jadwal, maka servis besar tak perlu lagi dilakukan.

"Kuncinya cukup servis yang berkala ini saja, tanpa ada anjuran servis besar," tutupnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa