Punya Mesin Serupa dengan Honda Jazz, Kenapa Tarikan Honda Freed Lebih Lemot? Bengkel Spesialis Kasih Solusinya

Harun Rasyid - Rabu, 2 Desember 2020 | 20:55 WIB
Ilustrasi Honda Freed
Harun/GridOto.com
Ilustrasi Honda Freed

GridOto.com - Honda Freed yang hadir di Indonesia sejak 2009 sampai dengan 2016 lalu, tersedia pilihan mesin i-VTEC 1.497 cc 4 silinder yang juga digunakan oleh Honda Jazz.

Meski dibangun dengan mesin serupa, namun keduanya diketahui memiliki karakter yang berbeda khususnya dari segi performa.

Narosendra Kagungan, Mekanik di bengkel spesialis Honda Auto Broundtax Motor (ABM) mengatakan, bobot kendaraan jadi salah satu alasan yang paling mendasar.

Baca Juga: Agar Kenyamanan Kembali, Segini Biaya Perbaikan Kaki-kaki Honda Freed di Bengkel Spesialis

"Mesin Honda Freed dengan Jazz itu sama, cuma gigi rasionya beda. Makanya tarikan Freed itu lebih berat dibanding Jazz," terang Sendra kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Karena Freed itu kan MPV, jadi pabrikan memberikan performa yang sesuai untuk mengimbangi bobotnya yang lebih berat dibanding Jazz," lanjut Mekanik yang bengkelnya terletak di kawasan Depok, Jawa Barat ini.

Ilustrasi remap ECU di mobil Honda
Quantumtuning.co.uk
Ilustrasi remap ECU di mobil Honda


Sendra mengungkapkan, banyak pemilik Honda Freed yang datang ke bengkelnya untuk melakukan remap Electronic Control Unit (ECU) guna meningkatkan performa mesinnya.

"Pemilik Freed yang kurang puas sama tarikan mesinnya, biasanya remap ECU di sini. Mereka bilang sih, tarikan standar Freed itu lemot. Jadi, solusi untuk meningkatkan tenaga Freed dan membuat konsumsi BBM-nya tetap irit, bisa dengan remap ECU," kata Sendra.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa