Minat dengan Honda Freed Bekas? Segini Biaya dan Waktu yang Dianjurkan Bengkel Spesialis Buat Servis Rutin

Harun Rasyid - Rabu, 25 November 2020 | 18:05 WIB
Ilustrasi Honda Freed
Dok. Otomotif
Ilustrasi Honda Freed

GridOto.com - Harga Honda Freed bekas lansiran 2009 hingga 2016 saat ini terpantau berada di kisaran Rp 120 juta sampai dengan Rp 200 jutaan tergantung tipe dan kondisinya.

Apabila tertarik memboyongnya ke garasi rumah, ada baiknya untuk mengetahui dulu nih mengenai kapan waktu yang tepat untuk perawatan rutin serta biaya yang harus dikeluarkan.

Tujuannya agar bisa menyiapkan waktu dan dana yang pas, demi menjaga performa Honda Freed yang dimiliki tetap prima dan nyaman digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Narosendra Kagungan, selaku Mekanik di bengkel spesialis Honda Auto Broundtax Motor (ABM) di Depok mengatakan, servis rutin Freed biasa dilakukan setelah menempuh jarak 10 ribu km.

Baca Juga: Kunci Transmisi Matic Honda Freed Tetap Awet Dari Bengkel Spesialis, Segini Biaya Perawatannya

"Waktu servis rutin Honda Freed itu mulai dari 10 ribu Km untuk ganti oli mesin, filter oli, cek lampu, air radiator, rem dan ban. Pengecekan ban bisa juga sekaligus 4 bannya dirotasi atau ditukar posisinya agar lebih awet digunakan," ujar Sendra kepada GridOto.com, Selasa (24/11/2020).

"Untuk oli mesinnya, bisa pakai SAE 5W30 yang akan diganti setiap 5 ribu km atau 0W20 yang diganti setiap 10 ribu km," sambungnya.

Bengkel spesialis Honda, Auto Broundtax Motor (ABM)
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis Honda, Auto Broundtax Motor (ABM)


Sementara untuk servis besar biasa dilakukan setiap kelipatan 20 ribu km, dengan pengerjaan yang lebih teknis.

"Servis dengan kelipatan 20 ribu Km ini sama kayak 10 ribu Km, tapi ada penambahan lagi seperti tune up, setel klep, ganti oli transmisi, setel celah katup dan ganti busi jika mobil sudah lewat 100 ribu kilometer atau pemakaian 5 tahun. Harga busi standar 1 set Rp 150 ribu merek NGK," sebutnya.

Baca Juga: Honda Freed Kena Modifikasi Simpel, Tampang Jadi Beda dan Kece

Lantas, bagaimana dengan biaya jasa di bengkel partner komunitas Hondra Freed Owners (HOFOS) Indonesia tersebut?

"Di bengkel kami servis yang 10 ribu km itu sebagian enggak perlu bayar jasa, karena kebanyakan cuma pengecekan. Paling yang kena ongkos cuma ganti oli mesin Rp 20 ribu sama cek rem dan roda Rp 200 ribu. Kalau servis 20 ribu dan jasa ganti oli transmisi juga Rp 20 ribu," terang Sendra.

"Biaya jasa servis Honda Freed di sini cukup murah, tapi biaya jasa belum termasuk biaya spare part yang diganti. Kalau biaya jasa servis ditambah beli oli mesin biasanya Rp 1,2 jutaan atau tergantung oli yang dipilih," tutupnya.

Sebagai informasi, berikut daftar harga oli mesin Honda Freed di bengkel ABM:

SAE 5W30 per-galon (4 liter): 

- Total Rp 490 ribu /galon

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa