Agar Kenyamanan Kembali, Segini Biaya Perbaikan Kaki-kaki Honda Freed di Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Kamis, 26 November 2020 | 18:30 WIB

Ilustrasi Honda Freed (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Honda Freed bekas lansiran 2009 hingga 2016, kini bisa didapat dengan budget Rp 120 juta hingga Rp 208 jutaan tergantung tipe dan kondisinya.

Namun sebelum Sobat GridOto membeli Honda Freed bekas, enggak ada salahnya menengok biaya perbaikan dan masalah kaki dari MPV pintu geser tersebut.

Narosendra Kagungan, mekanik di bengkel spesialis Honda Auto Broundtax Motor (ABM) di Depok, Jawa Barat mengatakan, masalah kaki-kaki Honda Freed terbilang lumrah karena faktor pemakaian.

"Karena Freed sudah cukup berumur, masalah kaki-kaki yang muncul biasanya ada di bagian link stabilizer, tie rod, long tie rod, rack steering di bagian depan. Hal ini wajar karena usia pemakaian," ujarnya kepada GridOto.com, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Pemilik Honda Freed Perlu Waspada! Spare Part Ini Kerap Dipalsukan Oknum Nakal, Yuk Kenali Cirinya

Sendra menyebut, memperbaiki masalah di bagian kaki-kaki Honda Freed tak harus mengganti semua part yang termakan usia.

"Buat yang mau beli Honda Freed seken, harus siapkan uang untuk servis rack steering, ganti link stabilizer, ganti tie rod dan long tie rod. Untuk rack steer biasanya servis, karena kalau ganti bisa Rp 16 jutaan. Jika servis biayanya Rp 2 jutaan dengan garansi 6 bulan," sebut mekanik di bengkel partner komunitas Honda Freed Owners (HOFOS) Indonesia tersebut.

"Selain itu, sokbreker Freed jika rusak juga perlu ganti, tapi hanya sok dan karet stopper-nya. Kalau coil spring-nya enggak perlu. Harga sok depan orisinal kisarannya Rp 2,1 jutaan sepasang, sok belakang Rp 1,6 jutaan sepasang," sambung Sendra.

Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis Honda, Auto Broundtax Motor (ABM)

Ia menambahkan, biaya penggantian part kaki-kaki Honda Freed di bengkelnya bisa ditekan jika pemilik mobil menggunakan part aftermarket.

"Konsumen di sini biasanya pakai part kaki-kaki aftermarket Jepang seperti Revive, atau merek Birken dari Jerman. Selain lebih murah, hampir setengahnya dari yang orisinal, part aftermarket ini sudah kami tes dan kualitasnya juga bagus. Konsumen juga belum pernah komplain," tutup Sendra.

Baca Juga: Minat dengan Honda Freed Bekas? Segini Biaya dan Waktu yang Dianjurkan Bengkel Spesialis Buat Servis Rutin

Sebagai gambaran, berikut biaya reparasi kaki-kaki Honda Freed di bengkel ABM:

- Ganti link stabilizer aftermarket: Rp 500 ribuan, orisinal Honda Rp 1 jutaan

- Ganti tie rod dan long tie rod: aftermarket Rp 700 ribuan, orisinal Honda Rp 1,5 jutaan.

*Harga sudah termasuk jasa bengkel

 

Auto Broundtax Motor (ABM)
Jl. Kramat, Leuwinanggung, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16456
Telp: (0812-8341-1814)