Advertorial

Ingin Jaga Performa AC Mobil? Ikuti Tips dari Teknisi Bengkel Resmi Auto2000 Ini

Nana Triana - Rabu, 2 Desember 2020 | 11:28 WIB
Ac mobil merupakan salah satu komponen mesin yang harus dirawat dengan baik.
Dok. Auto2000
Ac mobil merupakan salah satu komponen mesin yang harus dirawat dengan baik.

GridOto.com-Kehadiran air conditioner (AC) dalam kabin mobil seringkali dipandang terlalu remeh. Padahal, AC merupakan komponen yang sangat penting.

Ketika AC mulai tidak dingin suhu di dalam kabin pun meningkat. Dengan begitu, berkendara pun jadi tidak nyaman, terlebih ketika matahari sedang terik-teriknya.

Namun, fungsi AC mobil ternyata tidak hanya sebatas memberi kesejukan. Hal ini dijelaskan oleh Gery Hardiarto, Kepala Bengkel Auto2000 Alam Sutera dalam video bertajuk “Tanya Bengkel: Kupas Tuntas Masalah AC Mobil” di akun Youtube resmi Auto2000 ID.

Gery menjelaskan AC juga berfungsi sebagai penjaga sirkulasi udara dan mengontrol kelembapan di dalam kabin.  

“Udara selalu bisa bersirkulasi dengan baik (jika AC berfungsi). Filter AC akan menyaring udara sehingga udara yang keluar dalam kabin adalah udara bersih,” jelas Gery.

Baca Juga: Cuaca Panas di Indonesia, Begini Pengaruhnya Terhadap AC Mobil

Selain itu, lanjut Gery, berkendara di hari hujan pun akan berbahaya kalau fungsi AC mulai loyo. Sebab, kelembapan udara di dalam kabin mobil dapat meningkat dan efeknya kaca jadi berembun.

Visibilitas Sobat GridOto saat berkendara akan berkurang. Menengok ke kaca spion pun sulit karena kaca menjadi buram. Kalau sudah begini, urusannya dengan keselamatan berkendara.  “AC mencegah pengembunan berlebih pada kaca mobil,” kata Gery.

Namun, perawatan AC pun sering luput dari perhatian sehingga performanya cepat menurun atau mengalami masalah seperti berbau. Nah, Gery memberi tips bagi Sobat GridOto untuk mencegah beragam masalah terjadi pada AC mobil.

1. Memilih pengharum mobil yang berkualitas

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa