Komentari Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Pakar Safety Berikan Cara Aman Hindari Tabrakan Beruntun

Harun Rasyid - Senin, 30 November 2020 | 20:05 WIB
Kondisi Isuzu Elf yang habis mengalami tabrakan beruntun di Tol Cipali, Jawa Barat
Tribunnews.com
Kondisi Isuzu Elf yang habis mengalami tabrakan beruntun di Tol Cipali, Jawa Barat

GridOto.com - Kecelakaan maut yang melibatkan satu unit Isuzu Elf dan dua truk tronton Mitsubushi Fuso di Tol Cipali Km 78 jalur A9, mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan dua lainya mengalami luka-luka.

Insiden bermula saat Isuzu Elf yang melaju dari Jakarta menuju Cirebon, menghantam dua truk tronton di depannya secara beruntun, pada Senin (30/11/2020) dini hari.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, posisi Isuzu Elf yang berada di belakang truk dinilai sudah aman namun kurang tepat.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Tewaskan 10 Orang di Tol Cipali, Polisi Olah TKP Pakai Cara Ini

"Mengemudi yang benar itu harus jaga jarak aman dengan kendaraan besar. Tetapi posisi di belakang truk ini sebenarnya lebih baik dibanding di depan, selama jarak antar kendaraan tidak terlalu mepet," buka Sony saat dihubungi GridOto.com, Senin (30/11/2020).

"Jika di depan truk, mobil berpotensi tertabrak truk yang bisa saja mengalami rem blong. Ini akan jauh lebih berbahaya dampaknya," sambungnya.

Ilustrasi melihat titik Blind Spot di spion
GridOto.com
Ilustrasi melihat titik Blind Spot di spion


Sony menyebut, titik blind spot jadi alasan pengemudi harus selalu menjaga jarak aman dengan truk yang dimensinya jauh lebih besar.

"Blind spot dari kendaraan besar seperti truk itu begitu besar. Tapi dengan jarak yang aman, mobil di depan atau di belakang truk dapat terlihat dengan jelas di spion yang dikemudikan si sopir truk, sehingga pengemudi di mobil yang lebih kecil akan aman," katanya.

Baca Juga: Viral Ambulans Lawan Arah Hingga Tabrakan dengan Honda PCX, Kenali Hak Diskresi atau Hak Pengecualian di Jalan Raya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa