Mesin Mobil Pakai Busi Balap, Apakah Aman Buat Dipakai Harian?

Radityo Herdianto - Selasa, 9 Juni 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi busi mobil
Dipo
Ilustrasi busi mobil

GridOto.com - Busi mobil menghasilkan pemantikan api saat proses pembakaran di ruang bakar mesin yang menjadi sumber tenaga mesin mobil.

Sering ditemukan pemilik mobil mengganti busi bawaan mobil dengan busi balap sebagai opsi mudah untuk meningkatkan tenaga mesin.

Jika busi balap dipakai untuk penggunaan harian, apakah aman untuk mesin mobil? 

"Busi balap memang punya daya pemantikan api yang lebih besar karena memakai material copper atau tembaga," tekan Diko Oktaviano, Technical Support Product Knowledge PT NGK Busi Indonesia kepada GridOto.com.

Lanjut Diko, pemantikan lebih besar diyakini akan meningkatkan tenaga mesin karena proses kompresi yang mampu dibakar untuk menghasilkan tenaga bisa lebih maksimal.

Busi mengalami keausan
Busi mengalami keausan

Baca Juga: Sering Isi BBM Diesel Kualitas Rendah, Ini yang Terjadi Pada Mesin

"Karena bahan tembaga bisa menghantar listrik dan melepas panas lebih cepat sehingga tidak ada delay dan meminimalisir pembakaran yang terbuang percuma," terang Diko.

Namun Diko tidak menampik bahwa material tembaga memiliki durabilitas yang kurang baik jika digunakan untuk pemakaian harian.

"Kalau dibandingkan dengan nikel atau iridium memang performa pemantikannya lebih rendah daripada tembaga, tapi unsurnya lebih kuat sehingga usia pakainya bisa long last," tutur Diko.

Menurut Diko, jika penggunaan busi balap tidak diimbangi dengan penggantian sesuai usia pakai malah akan membuat pembakaran mesin jauh menurun yang membuat tenaga jadi drop.

"Kembali lagi ke pengguna mau pakai busi yang menghasilkan tenaga optimal tapi awet atau bisa menghasilkan tenaga lebih maksimal tapi jadi lebih cepat ganti," tutup Diko.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa