Street Manners: Waspada Bahaya Pengemudi Agresif, Ini Ciri-cirinya

Radityo Herdianto - Senin, 8 Juni 2020 | 09:00 WIB
Ilustrasi mobil menyalip
Kompas.com
Ilustrasi mobil menyalip

GridOto.com - Selama berkendara di jalan raya, Anda akan ditemukan pada beragam karakter pengemudi terhadap gaya berkendara.

Sering dijumpai pengemudi agresif yang kerap kali menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas sehingga patut diwaspadai.

Agar lebih aman dan selamat di jalan raya, seperti ini ciri-ciri pengemudi agresif yang harus dikenali agar bisa lebih berhati-hati.

"Pengemudi agresif cenderung melakukan risiko berkendara yang tinggi tanpa memedulikan pengendara lain," tekan Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) kepada GridOto.com.

Lanjut Adrianto, ciri pengemudi agresif paling mudah dikenali adalah sering mengebut di jalan raya melebihi batas kecepatan, baik di jalan utama daerah maupun jalan bebas hambatan.

ILUSTRASI. Mesin Honda Civic Hatchback RS terbukti kencang berkat turbo
GridOto.com
ILUSTRASI. Mesin Honda Civic Hatchback RS terbukti kencang berkat turbo

Baca Juga: Pecah Ban Terjadi Gara-gara Kurang atau Kelebihan Tekanan Angin? Begini Penjelasannya Sob

"Gaya mengemudi ngebut ini sering juga dilakukan sambil bermanuver berbahaya seperti belok sampai skidding, atau tida menggubris jaga jarak aman, juga jarang menggunakan isyarat lampu sein," ujar Adrianto.

Ciri lain yang bisa dikenali jika sepanjang jalan Anda melihat pengemudi sering melanggar rambu lalu lintas seperti menerobos lampu lalu lintas atau berputar di lokasi yang dilarang menjadi tanda pengemudi agresif.

"Bagi pengemudi lain yang tidak sigap dan tidak fokus tentu mudah kaget atau panik saat berhadapan dengan pergerakan pengemudi agresif," sebut Adrianto.

Kondisi ini bisa berakibat cukup fatal karena reflek yang berlebihan dari rasa panik membuat pengemudi melakukan manuver yang bisa mencelakakan diri sendiri juga orang lain.

"Wajib fokus namun tetap tenang, kalau bertemu pengemudi seperti ini sebaiknya jaga jarak atau menjauh demi keamanan dan keselamatan serta berkendara yang bertanggung jawab," tegas Adrianto.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa